Find Us On Social Media :

Mulai dari Bikin Tubuh Lebih Santai Hingga Sehatkan Jantung, Ini Dia Manfaat Tersenyum dan Tertawa

By Ade Sulaeman, Kamis, 20 April 2017 | 19:00 WIB

Tertawa membuat kita merasa lebih baik

Intisari-Online.com – Ketika stres dan rasa gelisah meningkat karena tekanan kerja, hubungan, atau gaya hidup yang menuntut agar semuanya dilakukan dengan cepat, seringkali kita melupakan waktu untuk diri kita sendiri.

Namun ada cara mudah untuk membantu mengatasi rasa stres, yaitu dengan senyum dan tertawa, karena tersenyum dan tertawa dipercayai meningkatkan kesehatan tubuh dan mental kita.

Jadi jika kita merasa sedang sedih, cobalah untuk tersenyum, karena pada akhirnya hal itu akan membantu kita merasa lebih baik.

Mengapa? Dilansir dari boldsky.com, ini dia alasannya.

Tertawa melepaskan zat kimia dalam tubuh yang membuat kita merasa lebih baik

Ketika kita tersenyum zat kimia di dalam tubuh yang membuat kita merasa lebih baik, yaitu serotonin dan endorfin, akan keluar. Zat kimia ini membuat kita merasa gembira, yang juga akan mengurangi rasa sakit.

(Benarkah Anak-anak Mengenali Orang yang Tersenyum Tulus dan Tidak?)

Membuat tubuh lebih santai

Tertawa bisa membantu untuk meredakan ketegangan dan rasa stress pada tubuh. Ketika kita tertawa, otot yang kita gunakan juga akan rileks, dan akan tetap seperti itu selama 30-45 menit berikutnya.

Mengurangi rasa Stres

Ketika zat endorfin terlepas, hormon yang menimbulkan rasa stres, seperti kortisol, akan berkurang.

Kita dapat mengurangi kadar kortisol dengan tertawa dan bersantai, inilah yang menjadi salah satu manfaat paling penting dari tersenyum dan tertawa.