Find Us On Social Media :

Dikenal Sebagai Pilot Jagoan Nazi, Erich Hartmann Nekat Menghadap Hitler dan Melanggar Aturan yang Berisiko Ditembak Mati

By Agustinus Winardi, Jumat, 24 Agustus 2018 | 13:36 WIB

Intisari-Online.com - Selama Perang Dunia II, angkatan udara Nazi Jerman dikenal memiliki pilot tempur tangguh yang tangguh.

Lebih dari itu, mereka juga punya prestasi luar biasa karena mampu merontokkan puluhan hingga ratusan pesawat musuh.

Ketangguhan pilot-pilot Jerman bahkan berada di atas kemampuan para pilot Sekutu maupun Uni Soviet (Rusia).

Walaupun dalam dogfight pilot-pilot Jerman kadang-kadang hanya menggunakan pesawat yang teknologinya di bawah kualitas pesawat-pesawat lawannya.

Kendati dalam PD II Nazi Jerman akhirnya kalah, peringkat ace untuk para pilot Jerman tetap berada di urutan teratas dan nama-nama pilot yang legendaris itu tetap tersohor hingga saat ini.

Salah satu pilot tempur yang paling jago di antara yang terjago, the ace of aces adalah Erich Hartmann.

Baca juga: Selain Kokain, Hitler Juga Makan Obat Perangsang, Padahal Dia Tidur di Ranjang yang Berbeda dengan Eva

Pilot muda Luftwaffe yang biasa bertempur dengan “pesawat pembawa kematian” tipe Messerschmitt iu, selama bertarung di udara telah berhasil merontokkan 352 pesawat musuh.

Berkat prestasi gilang gemilang itu Erich menjadi satu-satunya orang Jerman, bahkan satu-satunya orang di dunia yang paling banyak menjatuhkan pesawat musuh.

Di Luftwaffe sendiri sudah ada empat orang yang berhasil merontokkan 250 pesawat musuh, tapi untuk angka 300 ke atas, hanya Erich yang mampu menyandangnya.

Oleh karena itu, Erich yang kemudian mendapat penghargaan tertinggi dari Third Reich, The Knight’s Cross to the Iron Cross with Oak Leave, with Swords and Diamonds.

Saat menghadap Hitler di bungkernya untuk menerima penghargaan, Erich bahkan punya sikap sendiri.

Baca juga: Kisah Ho 229, Pesawat 'Siluman' Adolf Hitler yang Melampaui Zamannya tapi Berakhir Tragis