Find Us On Social Media :

Paspampres, Mesin Perang yang Disumpah Mati untuk Selalu Siap Jadi Tameng Peluru Bagi Presiden

By Ade Sulaeman, Selasa, 18 April 2017 | 15:00 WIB

Paspampres.

Intisari-Online.com - Setiap personel pasukan khusus digembleng baik secara fisik maupun mental sehingga sanggup menangani misi-misi tempur yang sulit dilaksanakan oleh pasukan reguler.

(Baca juga: Sedih! Kopassus Tidak Masuk Daftar 8 Pasukan Khusus Paling Elit di Dunia)

Oleh karena itu kendati misi tempur yang dilaksanakan berisiko tinggi umumnya personel pasukan khusus merupakan orang-orang yang tidak takut mati.

Doktrin tempur pasukan TNI memang tidak lagi menganut doktrin bertempur sampai mati demi mempertahankan atau merebut suatu wilayah dengan cara apapun.

Tapi berperang secara cerdas dan pulang dari medan tempur dalam keadaan selamat.

(Baca juga: Mirip Ultraman, Pasukan Khusus TNI Punya Kemampuan Super tapi Hanya Digunakan dalam Waktu Singkat)

Namun masih ada juga doktrin tempur bagi TNI yang memiliki prinsip ‘’jadilah tameng peluru bagi Presiden yang sedang dikawal’’, khususnya bagi para personel Pasukan Pengawal Presiden (Paspampres).

Di balik kostumnya yang rapi dan elegan seorang personel Paspampres sebenarnya merupakan sesosok ‘’mesin perang’’.

Ketika sedang bertugas, umumnya personel Paspampres mengenakan rompi antipeluru di dalam baju jasnya, minimal membawa dua senjata api yang tersembunyi di balik baju jasnya yang rapi, alat komunikasi, pisau lempar, dan lainnya.

(Baca juga: Dubes Rusia Ditembak Menggunakan Canik TP9, Pistol Pasukan Khusus Turki)

Jika terjadi ancaman atau serangan terhadap Presiden, para personel Paspampres yang selalu melakukan pengawalan pagar betis melingkar juga siap menjadi tameng peluru.

Waktu menghadapi gempuran tembakan lawan, para pesonel Paspampres tetap berdiri tegak sambil melakukan perlawanan maksimal.