Find Us On Social Media :

Akan Ada Kota Baru yang Luasnya Tiga Kali Lipat Luas New York di China, Kota Apa Itu?

By Moh Habib Asyhad, Rabu, 5 April 2017 | 08:30 WIB

Kota Bejing

Intisari-Online.com - China dikabarkan akan membagun kota baru yang luasnya tiga kali lipat luas New York di Amerika Serikat. Kota yang rencananya dibangun di wilayah bernama Xiongan ini ditujukan untuk mengurangi polusi udara dan kemacetan lalu lintas di Beijing, notabente Ibu Kota China.

Rencana pembangunan kota ini sudah diumumkan Pemerintah China akhir pekan yang lalu.

Dalam pernyataan bersamanya komite sentral dan dewan negara, dua lembaga paling berkuasa di China, menyebut kota baru itu akan mencakup tiga daerah sekitar 100 kilometer sebelah tenggara Beijing.

“Xiongan akan menjadi jawaban bagi masalah pertumbuhan China: perkembangan kawasan urban harus memberi jalan kepada strategi pembangunan yang inklusif dan seimbang,” tulis Xinhua. “Lebih dari sekadar replika kesuksesan masa lalu China, kawasan ini akan menceritakan masa depan sebuah kota baru.”

Sementara itu, Presiden Xi Jinping menyebut kota baru itu akan menjadi contoh sebuah pembangunan inovatif yang memprioritaskan perlindungan ekologi dan meningkatkan kualitas hidup warganya.

Pengumuman rencana ini langsung memicu para spekulan membanjiri kawasan tersebut untuk membeli properti atau tanah yang nantinya bisa dijual kembali dengan harga yang amat mahal. Media massa setempat mengabarkan harga properti di kawasan itu langsung melonjak dua kali lipat hanya beberapa jam  setelah pengumuman tersebut.