Find Us On Social Media :

Patut Dicoba, Mengobati Flu Dengan Bahan Bahan Yang Ada Di Dapur

By Andrew Bari Dianto, Selasa, 4 April 2017 | 17:28 WIB

Makanan Pencegah Flu

Intisari-Online.com – Saat sedang musim hujan, seringkali penyakit flu menyerang tubuh kita. 

Untuk menyembuhkan flu tidak hanya bisa dilakukan obat lho. Bahan-bahan yang ada di dapur ini juga terbukti ampuh untuk menjadi obat flu.

Dilansir dari buku “Food Cures: Keajaiban Makanan Berkhasiat” yang pernah di terbitkan oleh Intisari, ini dia bahan-bahan tersebut:

Jeruk Nipis:

Ada kebiasaan di kalangan masyarakat di berbagai negara meminum air perasan jeruk nipis atau lemon saat batuk.

Ada yang meminumnya dengan campuran madu, ada pula yang mencampurkannya dengan kecap manis. Produsen obat batuk pun ada yang membuat permen untuk batuk dengan rasa lemon.

Menurut para ahli, khasiat ini disebabkan oleh jeruk nipis yang kaya akan vitamin C dan mengandung senyawa flavonoid yang sifat antioksidannya sangat kuat, sehingga virus selesma (dengan gejala bersin-bersin, hidung tersumbat, batuk, atau kurang enak badan) bisa didepak

(Kenapa Jeruk Nipis Dipakai Untuk Membersihkan Patung Pancoran?)

Sementara madu yang ditambahkan pada jeruk nipis atau lemon semakin membantu mekegakan iritasi tenggorokan dan mengeluarkan dahak karena madu memiliki sifat antiseptic dan ekspetoran.

Bahkan penelitian di Universitas Pennsylvania, AS, menunjukkan bahwa madu lebih baik daripada obat batuk jenis dextromethorphan.

Buah dan Sayur:

Di saat musim selesma, kita disarankan untuk makan buah dan sayur yang kaya vitamin C guna meningkatkan daya tahan tubuh sehingga terhindar dari batuk-pilek.