Find Us On Social Media :

Bakso Jumbo Ini Punya Berat 2 Kg karena ‘Hamil’ dan ‘Beranak’

By Ade Sulaeman, Sabtu, 18 Maret 2017 | 07:00 WIB

Bakso beranak di Banyuwangi, Jawa Timur, yakni bakso daging yang berisi tujuh bakso kecil dan satu telur ayam.

Intisari-Online.com - Jika mengaku pecinta bakso, anda wajib menikmati bakso yang satu ini, yaitu bakso hamil dan bakso beranak yang tersedia di Bakso Andre Banyuwangi.

(Ingin Beli Smartphone yang Paling Pas Buat Kamu? Simak Panduan Ini)

Bakso hamil berbeda dengan bakso pada umumnya karena ukurannya super jumbo bahkan beratnya bisa mencapai 2 kilogram dan bisa dinikmati oleh belasan orang sekaligus.

Eko Nur Andiyanto (20), pemilik warung Bakso Andre kepada KompasTravel, Kamis (8/12/2016) mengatakan ada 3 ukuran bakso hamil yang disediakan yaitu bakso hamil 3 bulan dengan berat setengah kilogram, bakso hamil 7 bulan dengan berat 1 kilogram dan bakso hamil 9 bulan dengan berat 2 kilogram.

"Saya menjamin jika bakso hamil yang kami sajikan 100 persen adalah daging sapi asli yang berkualitas dan pastinya matang di bagian dalam. Tidak usah khawatir," kata mahasiswa jurusan ekonomi manajemen tersebut.

(4 Warung Bakso Unik dan Ramai)

Sebelum menjual bakso hamil di warungnya, Eko mengaku sejak tahun 2015 dia beberapa kali menerima pesanan bakso ukuran jumbo dari kerabat terdekat untuk pesta ulang tahun atau syukuran.

Saat itulah dia kemudian berpikir mengapa tidak menjual bakso ukuran jumbo tersebut di warung bakso yang sudah dirintis oleh orangtuanya sejak tahun 1994.

"Akhirnya terpikirlah untuk membuat bakso hamil yang harapannya adalah untuk menjaga kebersamaan antara keluarga, teman karena makannya bisa bareng-bareng," katanya.

Bakso Beranak

Sementara untuk bakso beranak, menurut Eko, idenya muncul setelah bakso hamil banyak yang memesan. Bakso beranak bentuknya sedikit lebih pipih dan jika akan dikonsumsi harus dibelah di bagian samping.

Di dalam bakso beranak ada tujuh bakso yang berukuran lebih kecil dan telur rebus di bagian tengahnya. "Kalau ini biasanya cukup dikonsumsi antara dua sampai 3 orang karena beratnya juga hampir setengah kilogram," jelas Eko.