Find Us On Social Media :

Apa yang Terjadi Jika Kita Tidak Sikat Gigi Selama Setahun? Hasilnya Benar-benar Menyeramkan

By Ilham Pradipta M., Rabu, 15 Maret 2017 | 16:40 WIB

Bau mulut atau istilah kedokteran giginya adalah halitosis merupakan bau yang timbul akibat proses bakteri di dalam mulut.

Intisari-Online.com – Apa yang akan terjadi bila kita berhenti untuk menyikat gigi selama satu tahun?

Singkat saja jawabannya, “Mungkin tidak baik,” ujar Matthew Messina, doker gigi sekaligus juru bicara American Dental Association. Nanti dulu, jawaban itu bukan berarti dampaknya biasa-biasa saja bagi kesehatan mulut dan gigi kita. Sebaliknya, Anda mesti harap-harap cemas.

(Ingin Beli Smartphone yang Paling Pas Buat Kamu? Simak Panduan Ini)

Ketika kita berhenti meyikat gigi, akan menyebabkan gigi berongga atau kerusakan gigi lainnya, dan penyakit periodontal (penyakit gusi). Keduanya dapat menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Bahkan, bisa menyebabkan gigi tanggal atau copot. Hhmm, mengerikan bukan?

Kata Messina, saat bakteri di dalam mulut tidak disikat habis, hal itu dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh hingga menyebabkan sejumlah masalah di bagian tubuh lainnya. Kok bisa?

(Benarkah Sikat Gigi Sekali Sehari Sangat Berbahaya?)

Nah, bakteri di bawah garis gusi yang jadi biang keroknya.  Mereka  bisa saja mendapat akses ke jalur darah sehingga membahayakan tubuh.

Menurut studi, mulut kotor telah dikaitkan dengan pelbagai penyakit. Misal, penyakit pernapasan seperti radang paru-paru, serangan jantng, bahkan MRSA dalam kasus gigi palsu. MRSA singakatan dari methicillin resistan staphylococcus aureus. Ia adalah bakteri yang kebal antibiotik. Bakteri ini bisa menginfeksi alirah darah dan lapisan hati. Menyeramkan, bukan? Nah, jangan harap mulut kita tetap bersih jika tidak meyikatnya selama satu tahun. 

Meskipun begitu, tubuh dan kesehatan setiap orang berbeda-beda. Misal, ada orang yang tidak menyikat giginya selama setahun, mungkin saja dia menderita penyakit gusi tapi tidak disertai rongga gigi. Di lain pihak, orang lain mungkin menderita hal sebaliknya. Namun, dalam beberapa kasus, bisa saja hal itu mendatangkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Bagaimana dengan bau mulutnya? Tidak menyikat gigi selama satu tahun tentu akan meninggalkan plak-plak dalam jumlah yang amat banyak. Sisa-sisa makanan akan menempel di sekitar gigi.

Artinya, aroma ikan salmon di malam minggu akan menyatu dengan ayam panggang di minggu pagi. Begitu seterusnya. Jadi, bisa dibanyangkan bau yang akan ditimbulkan.

“Itu tidak baik bagi ketika kita berhubungan dengan orang lain, Anda tidak akan memiliki banyak teman,” jelas Messina.