Find Us On Social Media :

We Dine Together, Klub yang Memastikan Tidak Ada Satu pun Murid Duduk Sendirian saat Makan Siang

By Ade Sulaeman, Selasa, 14 Maret 2017 | 14:00 WIB

Anggota klub We Dine Together mendatangi siswa yang makan siang sendirian.

Intisari-Online.com - Ketika bel makan siang berdering di Boca Raton Community High School di Boca Raton, Florida, 3.400 anak-anak tumpah ke halaman dan langsung berkumpul dengan kelompok-kelompok sosial mereka masing-masing.

(Akhirnya Murid Bisa Bernafas Lega, Tak Perlu Lagi Belajar Daring, menteri Nadiem Perbolehkan Belajar Tatap Muka, Ini Syaratnya)

Tapi tidak semua orang akan disertakan. Sama seperti di sekolah-sekolah lain di seluruh dunia, ada beberapa anak yang hanya duduk seorang diri saat menyantap makan siangnya.

“Ini bukan sesuatu yang baik. Saya pernah merasakannya. Dan itu sesuatu yang tidak pernah saya harapkan terjadi pada seseorang,” kata Denis Estimon.

Ketika ia datang ke sini di kelas pertama sebagai imigran Haiti, dia bilang dia merasa terisolasi, terutama saat makan siang.

Sekarang dia seorang senior. Dia populer. Tapi dia tidak lupa apa yang dirasakannya di tahun pertama tersebut.

(Belajar dari Cara Maluku Membangun Kerukunan Setelah Konflik Kemanusiaan)

“Bagi saya itu seperti, jika kita tidak mencoba untuk bergerak membuat perubahan, siapa yang akan melakukannya?” katanya.

Jadi dengan beberapa teman, Denis mulai klub yang disebut We Dine Together.

Misi mereka adalah untuk pergi ke halaman saat makan siang untuk memastikan tidak ada yang ‘kelaparan’ akan teman. Untuk anak-anak yang baru terutama, klub adalah anugerah.

Sejak proyek tersebut dimulai musim gugur yang lalu, ratusan persahabatan telah dibentuk, beberapa dianggap sangat tidak mungkin.