Find Us On Social Media :

Yuk Belajar Menerima Kritikan dengan Jiwa Besar! Begini 10 Caranya!

By Tika Anggreni Purba, Selasa, 14 Maret 2017 | 08:30 WIB

Ini Aturan Dalam Memberi Kritik

Intisari-online.com - Selama kita berada dalam sebuah kelompok sosial, hidup kita pasti tidak terlepas dari kritikan. Namun belum tentu semua kritikan membangun. Terkadang kita harus mendengar kritik tajam yang menjatuhkan, kadang-kadang juga menyakitkan hati.

Tapi, apakah kita harus menanggapinya seperti pecundang? Tentu tidak! Seperti apa pun kritikan yang diutarakan orang lain pada kita, kita tidak boleh menanggapinya dengan ego, amarah, sikap defensif, merasa terpuruk, apalagi reaksi dan sumbu pendek. Ketimbang merespons seperti itu, lebih baik berjiwa besar menerima kritikan. Begini 10 caranya seperti yang dilansir di psychologytoday.com:

1. Kenali apakah orang yang mengkritik memiliki masalah emosional atau tidak dengan kita.

Jika yang mengkritik kita adalah orang yang kita percaya, maka kita bisa menerima kritik itu tanpa menduga ada maksud terselubung. Namun, jika pelaku kritik adalah orang yang memiliki masalah emosional dengan kita, berhati-hatilah untuk tidak terlalu terpengaruh dengan kritikannya.

Untuk orang yang menginginkan kita bertumbuh dan berubah menjadi lebih baik, dengarkanlah kritikannya. Tapi untuk orang yang bermaksud negatif, lebih baik diabaikan saja.

(20 Tanda Anda Terlalu Keras Mengkritik Diri Sendiri (1))

2. Dengarkan kritik dengan hati yang luas

Ketika kita merasa ego kita tersakiti, akan sangat mudah untuk merasa jatuh dan terpuruk bahkan sebelum orang yang mengkritik kita selesai dengan perkataannya.

Jadi, lebih baik dengan rendah hati dan lapang dada mencoba mendengar kritikan yang orang lain sampaikan. Jangan biarkan diri kita terjatuh, hanya karena merasa ego kita terluka.

3. Jadilah rendah hati, bukan rendah diri

Hindari tendensi untuk menilai si pengkritik sebagai orang yang buruk dan bermaksud buruk pada kita. Sehebat apapun kita, kritikan bisa menjadi salah satu cara untuk berkembang. Jadi terimalah kritikan dengan rela dan rendah hati.

4. Selalu posisikan orang yang mengkritik kita adalah orang yang benar, sekalipun kita tidak setuju dengan perkataannya