Find Us On Social Media :

Alasan Warga AS Cemas Setelah Tahu Donald Trump Masih Gunakan Smartphone Lama

By Mentari Desiani Pramudita, Jumat, 27 Januari 2017 | 11:01 WIB

Donald Trump Presiden AS ke-45

Intisari-Online.com- Ada berbagai jenis smartphone di dunia ini. Mulai dari yang mahal sampai yang murah meriah. Mulai dari yang limited edition sampai yang banyak digunakan orang. Tapi keamanan ponsel menjadi salah satu alasan sebuah smartphone dibeli. Apalagi untuk orang sepenting Donald Trump, Presiden Amerika Serikat sekarang.

Namun menurut laporan The New York Times, Trump masih menggunakan ponsel lamanya walau ia sudah resmi menjadi orang nomor satu di Amerika Serikat. Menariknya lagi, ponsel itu masuk kategori Android.

(Gara-gara Donald Trump, Novel 1984 Karya George Orwell Mendadak Jadi Best-Seller)

Tidak jelas apa jenis ponsel Android Trump. Menurut sebagian besar orang, smartphone itu berjenis Samsung Galaxy. Menanggapi tentang ponsel ‘lamanya’, Trump menjamin jika ponselnya itu aman. “Telah diberi perangkat enkripsi dan disetujui oleh Secret Service,” terang Trump.

Selain dari Secret Service, ponsel ‘lama’ Trump juga telah mengikuti kriteria ponsel dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Sehingga jenis ponsel ini diberi beberapa perangkat lunak agar tetap bisa menjaga rahasia sang presiden.

Di tarik ke belakang, Android ternyata memiliki sistem keamanan yang paling buruk dibanding smartphone dari iOS atau Windows. Apple dan Microsoft secara teratur mengatur sistem keamanannya agar tidak ada gangguan dari perangkat keras atau operator nirkanel.

(Ngengat Bernama Donald Trump Memiliki Jambul Emas

Sementara menurut Google, Android mengupdate sistem keamanannya sebulan sekali. Dari berbagai jenis perangkat Android, Samsunglah yang paling baik soal menangani sistem keamananya. Namun, tidak dipungkiri ada sedikit celah keamanan yang terjadi setiap minggu.

Keamanan adalah isu yang sensitif di Amerika Serikat. Apalagi ini terkait presiden mereka. Seperti kata mantan presiden Barack Obama yang baru diberi smartphone tahun lalu tapi ia tidak bisa menggunakannya secara sembarangan. Termasuk mengambil gambar dan mengirim pesan.