Find Us On Social Media :

Tidur Siang, 1 dari 6 Aktvitas yang Bisa Bikin Otak Lebih Cerdas

By Agus Surono, Jumat, 27 Januari 2017 | 08:01 WIB

Waspada, Tidur Siang Berlebih Bisa Perpendek Usia

Intisari-Online.com - Seiring bertambahnya usia, semua bagian tubuh pun ikut menua. Menyusut secara alami. Tak terkecuali otak. Secara bertahap ingatan jangka pendek akan hilang fungsi eksekutifnya sebagai lobus frontal kanan.

(Lingkungan berpengaruh terhadap otak.)

Namun, kita bisa menunda proses penuaan dan hilang ingatan tersebut. Bahkan dalam beberapa kasus, dapat mengembalikan kerusakan otak dengan melakukan beberapa kegiatan unik ini.

1. Membaca novel fiksi

Dibandingkan dengan novel nonfiksi yang membawa kita ke berbagai topik dan pola pikir baru, novel fiksi menawarkan kelebihan lain. Yakni memicu kreativitas dan meningkatkan kemampuan kita untuk memvisualisasikan sebuah permasalahan. Soalnya kita ‘dipaksa’ untuk membayangkan alur cerita dalam novel fiksi. Sebagai bonus, membaca novel fiksi akan membuat kita lebih empati terhadap individu di sekeliling kita. Tentu hal ini akan sangat membantu kita yang bekerja di departemen HR, manajemen senior, atau ingin memperbaiki hubungan dengan kolega di kantor.

(Delapan alasan membaca lebih baik daripada menonton TV.)

2. Bermain game

Ini bukti tak selamanya game itu jelek. Bermain game ternyata dapat meningkatkan performa otak. Bahkan game simpel seperti "Super Mario" saja dapat membantu kita dari segi perencanaan strategi, peningkatan daya ingat, dan kemampuan motorik.

Jadi, daripada bersantai di sofa dan menonton, main game saja! Permainan klasik seperti Scrabble, Sudoku, atau aplikasi seperti 2048 juga dapat meningkatkan kemampuan otak kita, baik dari segi peningkatan kosa kata maupun kemampuan berpikir secara logis.

Namun ingat jangan terbelenggu oleh game.

3. Berolahraga

Manfaat olahraga tak melulu membuat kita lebih sehat dan terhindar dari penyakit, tapi juga untuk otak kita. Soalnya, aliran darah kaya oksigen akan mengalir ke otak saat kita sedang aktif. Keuntungannya bermacam-macam, seperti membantu memproses informasi baru lebih cepat dan meningkatkan kemampuan otak menyimpan memori dengan lebih efektif.