Find Us On Social Media :

Gara-gara Pernah Diserang oleh Para Pilot CIA, Angkatan Udara RI Semakin Bersemangat untuk Memiliki Radar

By Agustinus Winardi, Senin, 2 Juli 2018 | 16:15 WIB

Intisari-Online.com - Indonesia sebenarnya telah mengupayakan perlunya suatu kekuatan untuk mempertahankan wilayah udara nasional menggunakan radar.

Keberadaan radar yang merupakan sistem peringatan dini itu sangat penting karena bisa mencegah adanya kemungkinan serangan udara musuh.

Pada pelaksanaan operasi melawan pemberontakan PRRI/Permesta tahun 1958, TNI AU (AURI) sudah membentuk SOC (Sector Operation Centre) untuk mengantisipasi serangan udara dari PRRI/Permesta menggunakan pesawat B-26 di daerah Jawa dan Sumatera yang diterbangkan oleh para tentara bayaran CIA.

Dalam pelaksanaan operasi tersebut, SOC didukung unit radar yang mampu secara efektif melaksanakan pertahanan udara terbatas di wilayah Indonesia bagian barat.

Keberadaan radar dan SOC saat itu dipandang sangat efektif.

Baca juga: Kacaunya Suasana Operasi Lintas Udara Pertama AURI 17 Oktober 1947: Ada yang Enggak Jadi Terjun karena Takut, Ada yang Nyangkut di Pohon

Hal tersebut ditunjukkan dengan dapat dilumpuhkannya kekuatan udara PRRI/Permesta dalam waktu singkat.

Pesawat salah satu tentara bayaran CIA yang berperan sebagai pilot pesawat pembom B-25 Permesta, Allan Pope, bahkan berhasil ditembak jatuh dan Pope sendiri bisa ditangkap hidup-hidup.

Dengan keberhasilan menangkap Allan Pope semangat AURI untuk menambah jumlah statsiun radar pun makin menyala-nyala.

Perkembangan selanjutnya, sistem pertahanan udara nasional Indonesia yang didukung pesawat tempur dan radar tersebut sangat disegani oleh musuh.

Namun pada awal pemerintahan Orde Baru, sedikit demi sedikit kekuatan Hanud mulai menurun seiring dengan putusnya hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Uni Soviet (Rusia).

Baca juga: AS- 1 Kennel, Rudal Terhebat yang Pernah Dimiliki AURI dan Pernah Bikin Kapal Induk Belanda Kabur

Pengadaan radar mulai dirintis kembali tahun 1957 yang diberi nama proyek Sigma.