Find Us On Social Media :

T-50 PAK FA, Jet Tempur Siluman Rusia yang Siap Bikin Babak Belur F-35 Buatan AS, Ini Perbandingannya!

By Agustinus Winardi, Jumat, 22 Juni 2018 | 15:15 WIB

Intisari-Online.com - Kehadiran jet tempur siluman generasi 5, F-35 Lightning II buatan AS yang telah dikirim ke berbagai negara sekutu AS, khususnya Israel yang sudah menggunakan dalam peperangan memang langsung mengguncang dunia.

Tapi kehadiran F-35 AS sesungguhnya tidak membuat musuh bebuyutan AS, yakni Rusia ciut nyalinya.

Pasalnya selain telah memiliki persenjataan penangkal berupa rudal S-400, AU Rusia juga sudah memiliki jet tempur yang jauh lebih unggul dibandingkan F-35, yakni T-50/PAK FA atau dikenal pula dengan sebutan Sukhoi Su-57.

Sebagai jet tempur berteknologi siluman Su-57 seperti halnya F-35 sebenarnya juga sudah digunakan di medan perang, yakni di Suriah untuk memerangi teroris ISIS.

Baca juga: Kapok Jet Tempurnya Ditembak Jatuh Suriah, Israel Bikin Rudal Supersonik Tapi Tetap Tak Berdaya Hadapi S-400 Rusia

Jet tempur Su-57 dengan kemampuan multi fungsinya karena bisa digunakan untuk menyerang semua sasaran baik di darat, laut, maupun udara dari sisi teknologi lebih unggul dibandingkan F-35 karena memiliki kecepatan dan jarak jelajah yang lebih mumpuni.

Dari sisi kecepatan Su-57 mampu melesat hingga Mach 2 (2.14o km/jam) sedangkan F-35 kecepatan maksimumnya adalah Macht 1,6 (1.930 km/jam).

Untuk jarak jelajah dengan membawa tanki bahan bakar cadangan Su-57 bisa terbang hingga jarak 3.500 km sementara F-35 ‘hanya’ mampu terbang hingga jarak 2.220 kim.

Dengan kecepatan dan daya jelajah terbang yang jauh lebih unggul itu, apalagi dari kemampuan bermanuver di udara jet-jet tempur Rusia juga jauh lebih unggul dibandingkan dengan jet-jet tempur AS, maka jika terjadi pertarungan di udara (dog fight) maka Su-57 dipastikan akan memperoleh kemenangan.

Baca juga: A-4 Skyhawk Jet Tempur Pembom Nuklir TNI AU Asal Israel yang Ternyata Berteknologi Seperti Motor Vespa. Kok Bisa?

Apalagi dari sisi persenjataan antara yang dibawa baik oleh Su-57 maupun F-35 juga sebanding karena masing-masing dilengkapi rudal udara ke udara jarak pendek serta jarak jauh dan meriam kaliber 30 mm untuk keperluan dog fight.

Rusia memang tidak menggembar-gemborkan jet-jet tempurnya Su-57-nya karena merupakan ‘jet tempur pusaka pamungkas’ yang untuk sementara tidak akan dijual ke negara-negara lain.

Berbeda dengan F-35 AS yang sudah gigih dipromosikan dan telah dikirimkan ke sejumlah negara pemakai seperti Israel, Australia, Inggris, Jepang, dan Turki.