Find Us On Social Media :

Resep Diet Efektif dan Manjur, Minum Air Putih Sebelum Makan

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 19 Juni 2018 | 17:15 WIB

Intisari-Online.com – "Kurangi minum kalau ingin berat badan turun, dan jangan minum air es," begitu nasehat yang kerap dilontarkan awam kepada orang yang sedang diet.

Sebuah nasehat yang kurang bijak, tapi banyak diyakini kebenarannya. Kebiasaan minum segelas air dingin sebelum makan justru membantu mempertahankan berat badan ideal.

Faktanya, justru dengan banyak minum, diet akan lebih berhasil. Air memang tidak termasuk dalam golongan zat gizi, tetapi dia harus ada pada setiap unsur makanan yang penting, di dalam minuman dan makanan.

Mengingat peran air yang esensial inilah maka banyak pengobatan alternatif yang mengandalkan air. Tidak ada salahnya juga Anda mencoba membantu diet dengan suplemen air, baik untuk menurunkan maupun mempertahankan berat badan.

Air diperlukan tubuh sebagai pelarut untuk pencernaan, penyerapan, dan metabolisme. Manusia hanya mampu bertahan hidup selama beberapa hari jika tidak minum, tetapi masih mampu mempertahankan jiwanya selama beberapa minggu jika tidak makan.

Baca juga: Catat! Inilah Waktu-waktu Terlarang untuk Minum Air Putih, Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan

Air (terdiri atas atom hidrogen dan oksigen) juga berperan menghilangkan zat-zat sampah hasil metabolisme dan racun yang terbawa lewat makanan.

Proses pencernaan dan penyerapan yang berlarigsung di dalam usus sangat membutuhkan air, di samping tentu saja enzim yang akan menguraikan makanan menjadi unsur-unsur gizi yang dapat diserap oleh usus.

Ketika makanan masuk dari lambung ke dalam usus 12  jari, bentuk makanan ini sudah dalam keadaan cair, yang disebut chyme. Hal ini sangat penting karena usus kita hartis selalu dalam keadaan basah dan memiliki cairan di dalam rongganya.

Tidak seperti sel-sel dalam organ tubuh lainnya yang dapat memperoleh makanan dari darah, sel-sel usus harus mendapat makanan langsung dari dalam rongga usus.

Bentuk sel-sel di dalam jonjot-jonjot usus sangat mirip dengan bunga laut yang memiliki belalai untuk menangkap makanan dan mulut-mulut kecil untuk memasukkan makanan.

Baca juga: Jadi, Benarkah Air Olahan Limbah Tinja Bisa Dipakai untuk Minum dan Wudu?

Agar bisa ditangkap dari dalam rongga usus, zat-zat makanan itu harus "berenang" di dalam cairan.