Find Us On Social Media :

Berat Badan Bertambah, Salah Satu Tanda Kalau Tubuh Kurang Tidur

By Ilham Pradipta M., Senin, 28 November 2016 | 13:05 WIB

Tidur dengan baik dan benar merupakan cara termudah untuk kita agar tepat sehat, bahagia, dan lebih produktif

Intisari-Online.com – Keajaiban tidur bagi kesehatan memang tak perlu dipertanyakan lagi. Tidur dengan baik dan benar merupakan cara termudah untuk kita agar tepat sehat, bahagia, dan lebih produktif. Sayangnya, tak semua orang beruntung mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas. Nah, berikut ini adalah tanda-tanda seseorang yang kurang tidur

1.Suasana hati jadi buruk 

Jangan salahkan orang lain atau pekerjaan bila mood  menjadi buruk. Cobalah berkaca pada diri sendiri. Bisa jadi hal itu disebabkan karena kita kekurangan tidur. Sebab tidur amat berkaitan erat dengan kondisi emosi seseorang.

Kekurangan tidur dalam jangka pendek saja, sudah dapat membuat perubahan suasana hati. “Jika Anda kekurangan tidur, Anda akan lebih mudah tersinggung, mudah marah, dan sulit menghadapi stres” ujar Lauren Hale, associate professor of preventive medicine dalam program kesehata masyarakat di Stonybrook University dan  editor-in-chief dalam jurnal Sleep Health.

2. Produktivitas menurun 

 Kekurangan tidur yang kronis dapat membuat kita sulit untuk fokus dan berargumen. Bahkan, di titik tertentu kurang tidur dapat membuat kita kesulitan menemukan kata yang tepat untuk menggambarkan sesuatu yang sederhana.Cukup signifikan, bukan? Untuk terhindar dari hal ini, berhenti bekerja pada waktunya. Lalu, tidurlah yang cukup di malam harinya. Sederhana kan?

3. Berat badan bertambah 

Menurut studi dari Wisconsin Sleep Cohor,  orang yang tidur kurang dari enam jam sehari, cenderung mengalami kenaikan berat badan. Selidik punya selidik, kenaikan berat badan itu bersamaan dengan penurunan kadar hormon leptin dalam tubuh. Hormon leptin sendiri berperan untuk menekan selera makan seseorang.

Tak hanya itu saja, turunya hormon leptin itu juga dibarengi dengan kenaikan hormin ghrelin dalam sekala besar. Hormon inilah yang memberikan sinyal lapar pada otak. Nah, kedua hal itulah yang menjadi biang keladi bertambahnya berat badan seseorang karena kekurangan tidur.

4. Penampilan jadi tidak menarik 

Ingin tampil fresh di pagi hari? Tidurlah dengan waktu yang cukup. Sebab kurang tidur dapat membuat mata menjadi merah, bengkak, dan menimbulkan lingkaran gelap di bawah mata. Bahkan menurut Lauren, kurang tidur sedikit saja sudah dapat memberikan perubahan pada penampilan kita.

5. Penilaian mudah goyah 

Pintar dan akurat ketika membaca situasi dan membuat keputusan, sangat bergantung pada  kapasitas otak untuk memproses emosi yang ada dalam diri.  Menurut peneliti dari Harvard Medical School, William Killgore, wilayah otak yang terlibat dalam pengolahan emosi (prefrontal cortex) tidak bekerja dengan baik ketika kita kurang tidur. Inilah sebabnya orang yang kekurangan tidur lebih sering mengambil “jalan pintas” untuk mengerjakan pekerjaannya.