Find Us On Social Media :

Donald Trump Menang, Produsen Topeng di Jepang Kebanjiran Pesanan

By Moh. Habib Asyhad, Kamis, 17 November 2016 | 13:30 WIB

Produsen topeng di Jepang

Satu-satunya penghasil topeng karet di Jepang, Ogawa Studio, sedang bekerja keras memenuhi pesanan topeng Trump yang membanjir sejak ia menang pemilihan presiden pekan lalu.

Baca juga: Arkeolog Temukan Topeng Dewa Pan yang Tak Lazim di Israel Utara

Dua puluh tiga pekerja pabrik tersebut di Saitama, kota di pinggiran utara Tokyo, mencoba memproduksi 350 topeng Trump sehari.

Untuk diketahui, jummlah itu naik dari 45 topeng dibandingkan sebelum Pilpres AS, demikian dikatakan manajer eksekutif pabrik Takahiro Yagihara, seperti dilaporkan Voice of America, Rabu (16/11).

Pabrik itu juga memproduksi topeng kandidat presiden yang kalah dari Partai Demokrat, Hillary Clinton, Presiden Barack Obama, serta politisi juga selebriti Jepang dan internasional lainnya.

Topeng-topeng itu menekankan karakteristik rambut dan ekspresi wajah Trump. Mereka awalnya disemprot untuk menambah kesan warna kulit alami dan bagian rambut diwarnai kuning.

Lalu, seorang pegawai menambahkan detail yang dicat dengan tangan, seperti mata biru, agar kemiripannya lebih nyata.

Yagihara mengatakan, sebagian besar pelanggan memakai topeng itu untuk pesta akhir tahun dan pertemuan sosial lainnya. Topeng itu dihargai 2.400 yen (Rp293 ribu) per buah serta tersedia di toko-toko mainan dan peritel, juga di situs-situs belanja daring.