Find Us On Social Media :

Tiga Cara Ini Bantu Anda Keluar dari Ketidakpastian Kerja

By Esra Dopita M Sidauruk, Rabu, 16 November 2016 | 06:00 WIB

Mereka yang sadar akan kesalahan, kebuntuan, atau ketidakpastian justru menganggapnya sebagai kesempatan untuk belajar dan upaya untuk maju.

Intisari-Online.com - Pernahkah Anda mengalami hal ini? Pertama kali bekerja kita cenderung bersemangat dan rajin. Namun, beberapa bulan kemudian, menjadi malas dan tidak nyaman. Jika iya, Anda berada dalam fase ketidakpastiaan? Ada tiga cara membantu Anda keluar dari ketidakpastian kerja.

Penyebabnya hal ini beragam, di antaranya beban pekerjaan yang besar, lingkungan yang membosankan, atau rekan kerja yang menyebalkan. Tak perlu khawatir, hal itu dapat diatasi. Berikut ini tiga cara membantu Anda keluar dari ketidakpastian kerja:

1. Anda tidak sendirian

Tak perlu khawatir berada dalam ketidakpastian kerja. Pasalnya, Anda tidak sendirian. Ada jutaan karyawan yang juga mengalami hal itu. Penelitian menunjukkan, banyak karyawan yang mengalami ketidakpastian, terutama ketika mereka memulai pekerjaan baru atau peran baru. Dibutuhkan waktu, tetapi kekhawatiran ini tidak menghilang.

2. Diskusi dengan teman

Sering kali kita mencoba untuk menanggung tantangan sendiri. Bekerja hingga larut malam dan mencari hal-hal sendiri, sehingga orang lain tidak melihat perjuangan kita. Padahal, hal itu hanya akan menambah beban pekerjaan dan stres, yang lama-lama dapat mengarah pada ketidakpastian. Sebaliknya, meminta rekan kerja untuk memberikan saran merupakan strategi besar untuk keluar dari beban kerja sekaligus membangun jaringan.

3. Kesempatan berkembang

Percayalah, keterampilan dan bakat dapat tumbuh dan berkembang dari waktu ke waktu dan dibangun melalui praktik dan usaha. Sadar akan kesalahan, kekurangan, dan tidak mengulangi kembali lebih baik daripada terus menyalahkan diri sendiri akibat ketidakmampuan. Pasalnya, penelitian menunjukkan, mereka yang sadar akan kesalahan, kebuntuan, atau ketidakpastian justru menganggapnya sebagai kesempatan untuk belajar dan berkembang.