Intisari-Online.com - Menunda pekerjaan hampir pernah dilakukan oleh karyawan. Efeknya, produktivitas menurun dan ditegur oleh atasan. Namun, untuk mengatasi kebiasaan menunda pekerjaan, sebaiknya telusuri terlebih dulu penyebabnya. Berikut ini adalah lima penyebab mengapa karyawan suka menunda pekerjaan:
1. Malas
Rasa malas memang kerap menghinggapi para karyawan. Hal ini disebabkan karena karyawan memang memiliki sifat malas atau suka mengerjakan sesuatu berlama-lama. Tanpa adanya p emicu inovasi dan kreativitas, karyawan bisa menganggap pekerjaan terlalu mudah dan dikerjakan lain waktu.
2. Banyaknya pekerjaan
Beban pekerjaan yang terlalu banyak dan waktu deadline yang singkat terkadang menjadi alasan yang membuat karyawan tidak bisa mengerjakan sesuatu sesuai tenggat waktu.
3. Kurang apresiasi
Karyawan bisa saja memiliki semangat dan motivasi tinggi dalam bekerja selama beberapa waktu. Namun, pada waktu tertentu, produktivitas merosot, gairah kerja menurun, dan terkesan ogah-ogahan. Hal ini bisa terjadi karena seseorang merasa pekerjaannya kurang dihargai meskipun mencapai hasil yang maksimal. Tak jarang, hal ini menyebabkan karyawan akhirnya memilih resign.
4. Kurang menguasai tugas
Menunda pekerjaan juga bisa terjadi ketika tugas yang dilimpahkan atasan terlalu sulit. Misalnya, karyawan perusahaan otomotif diminta mencari pasokan ban impor dari berbagai negara dengan harga paling murah, tetapi kualitas nomor satu. Bagi karyawan baru, hal ini tentu tidak mudah. Ia akan mencari pekerjaan yang lebih ringan dan mengerjakannya terlebih dulu.
5. Stres
Stres memang tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan, namun juga pekerjaan. Karyawan menjadi tidak produktif selama bekerja karena selalu dibayangi permasalahan lain di luar pekerjaan yang membuatnya hingga stres.
(Klasika Kompas)