Find Us On Social Media :

Jurus Membuat Anak Tidak Tertular Problem Depresi Orangtuanya

By Ilham Pradipta M., Jumat, 11 November 2016 | 12:10 WIB

Kesehatan metal orangtua turut serta mempengaruhi performa anak di sekolah

Intisari-Online.com –  Depresi yang kita alami tak hanya menyangkut diri sendiri saja. Ternyata depresi yang kita alami, bisa mempengaruhi performa anak di sekolah, loh. Kok bisa? Setidaknya itulah yang dikatakan oleh Brian Lee, dari Drexel University School of Public Health di Philadelphia, dalam studi yang dilakukannya.

Dalam studi itu Brian menemukan adanya hubungan negatif yang signifikan antara orangtua dengan kegiatan belajar anak di sekolah. Menurutnya, kesehatan metal orangtua turut serta mempengaruhi performa anak di sekolah. Sebab, kesehatan mental seseorang ternyata juga dapat mempengaruhi mental orang lain. Nah, hal inilah yang membuat anak rentan, bila orangtuanya dalam kondisi depresi.

Studi sebelumnya menemukan bahwa adanya masalah perkembangan otak pada anak-anak, disaat orangtuanya terserang depresi. Selain itu, perilaku dan emosi, serta masalah kejiwaan anak pun jadi ikut bermasalah.

Baca juga: Empat Cara Memerangi Gangguan Depresi Musiman  

 

Menurut studi tersebut, secara keseluruhan orangtua yang depresi dapat "menularkannya" pada anak, sehingga membuat anak jadi menderita. Selidik punya selidik, seorang ibu yang depresi lebih dapat mempengaruhi kondisi mental anak perempuannya, dibandingkan dengan anak laki-laki.

Myra Weissman, dari New York State Psychiatric Institute mengatkan, seorang ibu yang menangani depresinya dengan baik, seperti melakukan perawatan dengan psikoterapi atau obat, terbukti dapat mengurangi masalah pada anak-anaknya. “Kadang-kadang Anda harus mengobati anak-anak, tapi Anda harus mulai dengan orangtuanya,” jelas Weissman.

Cegah depresi pada anak

Mencegah depresi pada anak memang gampang-gampang susah. Namun, ada kok beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencegahnya:

1. Terbuka 

 

 

Komunikasi merupakan salah satu kunci untuk mencegah depresi pada anak. Apalagi bila komunikasi yang terbuka dari orangtua dan anak. Oleh karena itu, orangtua harus tahu mengenai apapun yang terjadi pada anaknya. Cobalah luangkan waktu untuk mengobrol dengan si buah hati. Melalui obrolan itu kita bisa mencari tahu apa yang menyebabkan dirinya gelisah atau senang.

Baca halaman selanjutnya