Find Us On Social Media :

Olahraga Bagi Penderita Tekanan Darah Tinggi

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 11 Februari 2017 | 06:00 WIB

Olahraga Bagi Penderita Hipertensi

Intisari-Online.com – Tekanan darah tinggi sudah mulai menggangu di usia muda, yaitu ketika umur 20 tahun ke atas. Gaya hidup tidak sehatlah yang menjadi pemicu utama. Tidak perlu panik jika hasil kesehatan menunjukkan bahwa Anda ternyata terkena penyakit yang juga dikenal sebagai silent killer.

(Mengapa Kita Perlu Pendinginan Setelah Olahraga?)

Cara terbaik untuk menjaga kondisi tekanan darah agar stabil adalah melalui olahraga. Lebih aktif secara fisik dapat membantu jantung lebih kuat. Ini akan membuat jantung dalam bekerja memompa darah menjadi berkurang. Jadi, menurunkan tekanan dalam arteri, akan mengurangi dampak dari tekanan darah.

Lalu, adakah olahraga terbaik bagi mereka yang ingin menjaga tekanan darah tetap stabil? Menurut healthmeup, berikut ini ada lima jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh penderita hipertensi.

(Takarlah Olahraga Anda!)

Aerobik

Aerobik memiliki pengaruh besar pada tingkat tekanan darah. Latihan aerobik meliputi berjalan, berlari dan hiking, bersepeda, dan renang. Targetnya, minimal 30 menit aktivitas aerobik dalam satu hari, selama seminggu.

Latihan beban

Meskipun latihan ini bisa menyebabkan lonjakan tiba-tiba pada tekanan darah, namun manfaatnya lebih pada jangka panjang. Pastikan konsultasikan dahulu dengan dokter sebelum melakukan latihan beban.

Yoga dan meditasi

Salah satu pemicu tekanan darah tinggi adalah manajemen stres yang buruk. Cobalah lakukan yoga dan meditasi. Latihan ini bisa membantu menangani stres.

Teknik pernapasan

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Hypertension, seseorang dapat mengatur tingkat tekanan darah dengan “mengeksploitasi” pengatur tekanan alami tubuh. Teknik pernapasan adalah cara termudah dan paling efektif untuk mengurangi tingkat tekanan darah. Teknik pernapasan yang teratur dapat membantu mempertahankan tekanan darah.