Find Us On Social Media :

Berbeda Usia, Berbeda Pula Nutrisinya

By Moh Habib Asyhad, Minggu, 9 Juni 2013 | 10:00 WIB

Berbeda Usia, Berbeda Pula Nutrisinya

Intisari-Online.com - Nutrisi adalah elemen terpenting yang dibutuhkan manusia agar tetap sehat dan bugar. Nutrisi atau gizi merupakan substansi organik yang dibutuhkan setiap organisme untuk fungsi normal dari sistem tubuh, pertumbuhan, dan pastinya pemeliharaan kesehatan.

Pastinya, kebutuhan nutris tiap manusia, khususnya manusia dewasa, juga berbeda-beda, termasuk di dalamnya berpedaan usia. Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi tahun 2004 mencatat bahwa seorang laki-laki berusia antara 19 sampai 29 tahun membutuhkan 2.550 kilo kalori. Adapun untuk perempuan pada usia sama memerlukan 1.900 kilo kalori. Secara berturut-turut perinciannya sebagai berikut;

Oleh karenanya, dokter Witri Ardini dari kedokteran UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, mengatakan bahwa makanan yang dikonsumsi harus memenuhi kebutuhan zat gizi makro maupun zat gizi mikro. Gizi makro meliputi karbohidrat, protein, dan lemak, adapun gizi mikro berupa mineral dan vitamin.

Secara umum, kebutuhan ini bisa dipenuhi dengan pola makan yang cukup dan teratur. Makan tiga kali sehari disertai dua kali selingan dengan mengkonsumsi berbagai variasi makanan dalam komposisi yang seimbang.