Find Us On Social Media :

Lari 5K, Persiapannya Tak Sekadar Lari

By Ade Sulaeman, Sabtu, 29 Maret 2014 | 06:00 WIB

Lari 5K, Persiapannya Tak Sekadar Lari

Intisari-Online.com - Seperti halnya latihan lari untuk jarak 800 meter atau 10K, program latihan lari 5K (5 kilometer) yang optimal juga menggabungkan latihan lari dan beban.

Berikut latihan tambahan untuk mengembangkan kekuatan dan daya tahan tubuh Anda saat lari 5K.

1.  Side Sit-Up

Berbaringlah di satu sisi dengan kedua kaki lurus. Angkat kaki sedikit dari lantai. Untuk memudahkannya, usahakan tubuh rileks dan luruskan lengan yang berada di bawah sejajar dada sebagai tumpuan.(Baca juga: Pro-Kontra Lari Sebagai Olahraga

Selain itu, posisikan lengan yang di atas terangkat di mana telapaknya berada di bagian belakang kepala.

Perlahan-lahan, angkat kaki hingga otot perut terasa keras dan turunkan. Jangan biarkan tubuh bagian atas jatuh ke lantai secara tidak terkendali.

Lengkapi 15 repetisi di satu sisi dan ulangi di sisi lain.

2. High Lunge

Berdirilah di sebuah pijakan/papan setinggi enam inci. Turunkan/majukan satu kaki selangkah ke depan. Kedua tangan tetap berada di sisi tubuh. Mulailah dengan postur tegak, lalu turunkan kaki depan atau jongkok 45 derajat di mana kaki belakang tetap berpijak di papan. Usahakan tubuh tetap tegak.

Lakukan bergantian pada kedua kaki dengan masing-masing repetisi 15.

3. Low-Back Extension with a Twist

Berbaringlah dengan posisi perut di bawah (tengkurap). Kedua tangan tetap berada di sisi tubuh dengan telapak tangan menyentuh lantai. Angkat tubuh bagian atas, lalu putar ke satu sisi. Kembali ke posisi awal dan kemudian lakukan pada sisi yang satunya lagi.