Find Us On Social Media :

Daftar Rentetan Peristiwa yang Dipicu oleh Kerusuhan di Mako Brimob

By Ade Sulaeman, Kamis, 17 Mei 2018 | 19:00 WIB

 

Intisari-Online.com - Sudah hampir 10 hari berselang sejak kerusuhan terjadi di rumah tahanan Mako Brimob, Kelapadua, Depok, Selasa (8/5/2018).

Rentetan peristiwa lainnya kemudian bermunculan sebagai efek dari bentrokan antara narapidana kasus terorisme dengan anggota Polisi yang berjaga tersebut.

Mulai dari penangkapan para teroris atau terduga teroris hingga penyerangan dan aksi bom bunuh diri di beberapa wilayah di Indonesia.

Hingga pada akhirnya presiden Jokowi menyetujui diaktifkannya kembali Komando Operasi Khusus Gabungan (Koopsusgab) TNI, pada Rabu (16/5/2018).

Jika dibuat menjadi lini masa, berikut ini urutan peristiwa-peristiwa yang terjadi sejak kerusuhan di Mako Brimob hingga diaktifkannya kembali Koopsusgab TNI.

Baca juga: Tulis Status Facebook 'Bom Surabaya Hanya Rekayasa', Kepala Sekolah Ini Ditetapkan Sebagai Tersangka

8 Mei 2018: Terjadi kerusuhan di Mako Brimob, Kelapadua, Depok. Beberapa blok bangunan dikuasai para teroris.

10 Mei 2018: Mako Brimob kembali dikuasai Polisi, seluruh narapidana teroris menyerah tanpa syarat kepada Polisi.

11 Mei 2018: Bripka Marhum Prencje ditikam saat menginterogasi orang tak dikenal di Kawasan Mako Brimob.

12 Mei 2018: Dua wanita yang diduga akan menyerang atau melakukan aksi amaliah terhadap anggota Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, diamankan anggota Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri.

13 Mei 2018: Serangan bom bunuh diri terjadi di tiga gereja di Surabaya, yaitu Gereja Pantekosta Pusat Surabaya (GPPS),Gereja Kristen Indonesia (GKI), dan Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela. Sampai berita ini diturunkan, ada 18 orang menjadi korban dari peristiwa tersebut.

13 Mei 2018: Ada ledakan di rumah susun Wonocolo di Sidoarjo, diduga karena para teroris tak sengaja meledakkan bomnya sendiri.

13 Mei 2018: Empat orang terduga teroris tewas ditembak anggota Detasemen Khusus (Densus) 88 di Terminal Pasirhayam, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Baca juga: Pupus Harapan Estefanus, Sehari Setelah Melamarnya, Kekasihnya Tewas Jadi Korban Ledakan Bom