Find Us On Social Media :

Makanan Kaya Kalsium dan Vitamin D untuk Wanita

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 19 Desember 2013 | 20:45 WIB

Makanan Kaya Kalsium dan Vitamin D untuk Wanita

Intisari-Online.com – Lebih  banyak wanita yang menderita osteoporosis ketika mereka semakin bertambah usia. Kebanyakan terjadi ketika wanita menopause dan ini dikaitkan dengan kelalaian dalam perawatan saat mereka masih muda. Osteoporosis adalah kondisi ketika tulang menjadi rapuh dan lemah karena kandungan kalsium yang rendah, sehingga wanita berisiko tinggi patah tulang.

Menstruasi wanita di tahun-tahun reproduksi mereka memproduksi hormon-hormon, yang dikenal sebagai estrogen dan progesteron. Estrogen adalah hormon yang memainkan peran penting dalam menjaga siklus menstruasi  normal dan mendorong kekuatan tulang.Estrogen dan progesteron menurun pada saat menopause menyebabkan gejala seperti hot flashes, depresi, penambahan berata badan, dan menempatkan wanita pada peningkatan mengembangkan osteoporosis.

Oleh karena itu sertakan makanan yang kaya kalsium dan vitamin D dalam diet harian Anda. Makanan seperti brokoli, sayuran berdaun hijau gelap, chesnut, hazelnut, kacang kedelai, gandum, salmon, sarden (dengan tulangnya), udang, tiram, kerang, tahu, susu rendah lemak, yoghurt, keju, kalsium, dan vitamin D yang diperkaya, susu, sereal, bermanfaat dalam meningkatkan kekuatan tulang. Jangan lupa, untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup untuk meningkatkan tingkat vitamin D Anda.

Sertakan juga bawang, bawang putih dan telur dalam asupan harian sebagai makanan yang mengandung sulfur, yang diperlukan untuk kesehatan tulang.

Fitoestrogen, mirip dengan hormon estrogen dan berperan dalam pencegahan dan pengobatan osteoporosis. Makanan yang kaya akan fitoestrogen adalah seledri, peterseli, gandum, kedelai dan susu kedelai, tahu, yoghurt kedelai, jagung, semanggi merah, gandum, aprikot kering, kurma, plum kering, biji rami, kecambah, almond, blueberry, chestnut, kacang-kacangan, buncis, wortel, asparagus, bawang putih, kacang hijau, taoge, minyak zaitun, bawang, kacang tanah, biji wijen, biji bunga matahari, semangka, brokoli, kubis, kacang mete, sawi, hazelnut, lentil, persik, pistachio, raspberry, kecambah kedelai, kenari, anggur merah dan putih.

Penelitian telah menunjukkan bahwa memasukkan 40 gram protein kedelai dalam asupan harian dapat membantu mencegah osteoporosis dengan meningkatkan kepadatan mineral tulang.

Kedelai sungguh merupakan anugerah untuk vegetarian karena merupakan sumber yang kaya protein (20 gram kedelai memiliki 9 gam protein). Protein lengkap ini seperti susu dan produk hewani. Juga merupakan sumber yang baik dari kalsium, zat besi, fitoestrogen, dan asam lemak omega-3 yang baik untuk jantung. Kelebihan kedelai atas produk-produk hewani dan susu sepeti bebas kolesterol dan laktosa, sehingga dapat diberikan kepada orang-orang dengan intoleransi laktosa.

Kedelai dengan mudah dimasukkan dalam rencana harian asupan kita sehari-hari dalam bentuk susu kedelai, tahu, tempe, yoghurt kedelai, dan kacang kedelai. Kedelai juga merupakan makanan yang populer digunakan dalam masakan Jepang dan Cina, kini makin populer juga dalam masakan India dan benua lain.

Selamat menikmati kedelai. (healthmeup)