Find Us On Social Media :

Laki-laki Sikh Ini Rela Melanggar Aturan Agama Demi Selamatkan Anjing yang Tenggelam

By Moh. Habib Asyhad, Jumat, 10 Maret 2017 | 12:00 WIB

Laki-laki Sikh Ini Rela Melanggar Aturan Agama Demi Selamatkan Anjing Tenggelam

Intisari-Online.com - Seorang laki-laki Sikh rela melanggar aturan agama demi menyelamatkan seekor anjing tenggelam. Ia membuka kain turbannya lalu menjadikannya tembatan supaya bisa menggapai anjing yang terperosok di sebuah kanal irigasi di Punjab, India, itu.

Kita tahu, bagi seorang pemeluk Sikh yang taat seperti Sarwan Singh, turban adalah sesuatu yang sangat sakral dan suci.

Dalam sebuah video ditunjukkan bagaimana laki-laki 28 tahun itu menuruni tepi kanal yang curam dengan menggunakan turbannya sebagai pegangan.  “Saya sedang bepergian waktu itu ketika melihat sekelompok orang menunjuk ke arah kanal,” ujar Sarwan memulai cerita.

Ia kemudian menghentikan mobilnya dan melihat apa yang terjadi. Begitu ia melihat ada seekor anjing yang terperosok, ia terkejut, terlebih ketika mengetahui tak ada seorang pun yang hendak menolongnya. Sarwan yang tak bisa berenang memutuskan menggunakan turbannya untuk menolong anjing malang itu.

“Saat saya mulai melepas turban, orang-orang melihat ke arah saya dan terkejut. Mereka berpikir bahwa saya tidak menghargai iman saya,” lanjut Sarwan. “Tapi apa yang penting waktu itu adalah menyelamatkan kehidupan seekor binatang.”

Memakai turban merupakan satu dari lima rukun iman dalam Sikhisme. Dalam tradisi Sikh, melepas turban hanya bisa dilakukan ketika berada di rumaha atau saat mandi. Tapi dalam pikiran Sarwan itu hanyalah bagaimana anjing itu selamat. Dengan bantuan dari beberapa orang yang ada di situ, proses evakuasi itu akhirnya berjalan lancar.

“Anjing itu dalam posisi yang tidak nyaman. Ia tidak mendekat ke arah saya sama sekali. Kami haru mengikuti arahnya sepanjang 200 meter sebelumya akhirnya saya berhasil membungkuskan turban di lehernya dan menariknya ke tempat yang aman,” cerita Sarwan.

Setelah aman, Sarwan kemudian memberinya beberapa biskuit dan membiarkan anjing itu pergi.