Find Us On Social Media :

Bagaimana Saya Dapat Mengetahui bahwa Pembelajaran Telah Mencapai Hasil Belajar yang Diinginkan?

By Moh. Habib Asyhad, Kamis, 29 Agustus 2024 | 09:53 WIB

Evaluasi adalah jawaban dari pertanyaan bagaimana saya dapat mengetahui bahwa pembelajaran telah mencapai hasil belajar yang diinginkan. Semoga bermanfaat.

Evaluasi adalah jawaban dari pertanyaan bagaimana saya dapat mengetahui bahwa pembelajaran telah mencapai hasil belajar yang diinginkan. Semoga bermanfaat.

---

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-Online.com - Ini adalah salah satu pertanyaan yang muncul di Platform Merdeka Mengajar (PMM): Bagaimana saya dapat mengetahui bahwa pembelajaran telah mencapai hasil belajar yang diinginkan?

Salah satu instrumen terbaik untuk mengukur apakah pembelajaran yang kita lakukan mencapai hasil yang kita inginkan adalah dengan melakukan evaluasi. Tentu ada berbagai macam bentuk evaluasi.

Tapi secara garis besar, evaluasi adalah tahap di mana guru menilai sejauh mana tujuan pembelajaran telah tercapai berdasarkan hasil yang diperoleh siswa.

Dalam evaluasi, guru akan mengidentifikasi apakah siswa telah mencapai hasil belajar yang diinginkan melalui berbagai metode penilaian, seperti tes, tugas, observasi, atau penilaian portofolio.

Baca Juga: Deskripsikan Garis Besar Langkah-langkah Evaluasi Pemberdayaan Komunitas 

Mengutip Gramedia.com, evaluasi pembelajaran mencakup aktivitas pengukuran dan penilaian, yang melibatkan tiga langkah, yakni perencanaan, pelaksanaan, dan pengolahan hasil pelaporan. Ketiga tahap ini harus mematuhi prinsip-prinsip umum dalam evaluasi pembelajaran, yaitu kontinuitas, komprehensif, adil, objektif, kooperatif, dan praktis.

Menurut Wahid dalam Strategi Belajar-Mengajar (2000) menjelaskan, kualitas pembelajaran yang maksimal juga membutuhkan sistem penilaian yang juga berkualitas. Hal inilah yang menyebabkan diperlukannya standar penilaian sebagai pedoman para guru dan praktisi pendidikan dalam proses penilaian.

Perihal tersebut memerlukan kerja sama yang baik dari berbagai pihak terkait, seperti guru, siswa, dan sekolah. Setiap pihak berperan sesuai perannya masing-masing, sehingga tercipta suasana yang kondusif, dinamis, dan terarah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.