Find Us On Social Media :

Hubungan Ki Hajar Dewantara dan Konsep Sosiologi dalam Pendidikan Nasional Indonesia

By Afif Khoirul M, Senin, 26 Agustus 2024 | 17:35 WIB

Artikel ini akan membahas sepak terjang Ki Hajar Dewantara pencetus jargon Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani yang harus dipenjara demi Indonesia merdeka.

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---

Intisari-online.com - Di bawah langit Nusantara yang membentang luas, di tengah riuhnya perjuangan bangsa meraih kemerdekaan, lahirlah seorang tokoh pendidikan yang pemikirannya bagaikan embun pagi yang menyegarkan, Ki Hajar Dewantara.

Beliau bukan sekadar pendidik, melainkan seorang visioner yang memahami bahwa pendidikan adalah kunci emas untuk membuka pintu gerbang kemajuan bangsa.

Dan di balik visi besarnya itu, terjalin erat hubungan yang mendalam antara pemikiran Ki Hajar Dewantara dengan konsep sosiologi dalam pendidikan nasional Indonesia.

Sosiologi: Jendela Memahami Masyarakat

Sosiologi, sebagai ilmu yang mempelajari interaksi dan hubungan antarmanusia dalam masyarakat, memberikan landasan kokoh bagi Ki Hajar Dewantara untuk memahami kompleksitas masyarakat Indonesia.

Beliau menyadari bahwa pendidikan tidak bisa berdiri sendiri, melainkan harus berakar pada realitas sosial masyarakat.

Pendidikan haruslah menjadi alat untuk memberdayakan masyarakat, bukan sekadar transfer ilmu pengetahuan.

Pendidikan sebagai Pembebasan

Ki Hajar Dewantara melihat pendidikan sebagai alat pembebasan, baik dari belenggu penjajahan maupun dari kungkungan kebodohan dan kemiskinan.

Beliau berkeyakinan bahwa setiap individu memiliki potensi yang harus dikembangkan melalui pendidikan.

Pendidikan haruslah bersifat inklusif, menjangkau seluruh lapisan masyarakat tanpa memandang status sosial, ekonomi, maupun budaya.

"Tut Wuri Handayani": Menuntun dengan Bijaksana

Semboyan "Tut Wuri Handayani" yang dicetuskan Ki Hajar Dewantara mencerminkan semangat kepemimpinan yang berlandaskan pada prinsip-prinsip sosiologi.

Seorang pendidik haruslah menjadi "penggembala" yang bijaksana, menuntun anak didiknya dengan penuh kasih sayang dan pengertian.

Pendidikan bukanlah proses indoktrinasi, melainkan sebuah perjalanan bersama untuk menemukan jati diri dan mengembangkan potensi diri.

"Ing Ngarso Sung Tulodo": Menjadi Teladan

Seorang pendidik, menurut Ki Hajar Dewantara, haruslah menjadi teladan bagi anak didiknya. Beliau menekankan pentingnya integritas dan moralitas dalam dunia pendidikan. Pendidik haruslah menjadi sosok yang dapat menginspirasi dan memotivasi anak didiknya untuk menjadi manusia yang berbudi pekerti luhur.

"Ing Madya Mangun Karsa": Membangun Semangat

Ki Hajar Dewantara juga menekankan pentingnya membangun semangat dan motivasi dalam diri anak didik. Pendidik haruslah mampu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, di mana anak didik merasa nyaman dan terdorong untuk belajar secara aktif dan kreatif.

Pendidikan yang Berakar pada Budaya

Ki Hajar Dewantara menyadari bahwa pendidikan haruslah berakar pada budaya bangsa. Beliau tidak ingin pendidikan Indonesia menjadi tiruan dari sistem pendidikan Barat.

Pendidikan haruslah menjadi alat untuk memperkuat identitas nasional dan melestarikan nilai-nilai luhur budaya bangsa.

Pendidikan untuk Kemanusiaan

Pada akhirnya, Ki Hajar Dewantara melihat pendidikan sebagai alat untuk mewujudkan kemanusiaan yang adil dan beradab.

Beliau bermimpi tentang sebuah masyarakat Indonesia yang berlandaskan pada prinsip-prinsip gotong royong, toleransi, dan saling menghargai.

Pendidikan haruslah menjadi sarana untuk membangun karakter bangsa yang kuat dan berintegritas.

Warisan Abadi Ki Hajar Dewantara

Pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang pendidikan telah menjadi warisan abadi bagi bangsa Indonesia. Konsep-konsep yang beliau cetuskan masih relevan hingga saat ini, bahkan semakin penting di tengah arus globalisasi dan modernisasi yang deras.

Pendidikan haruslah tetap menjadi alat untuk membangun manusia Indonesia yang seutuhnya, yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki budi pekerti yang luhur dan jiwa yang merdeka.

Hubungan antara Ki Hajar Dewantara dan konsep sosiologi dalam pendidikan nasional Indonesia adalah sebuah kisah inspiratif tentang bagaimana seorang tokoh pendidikan mampu merajut benang emas kemanusiaan melalui pemikirannya yang visioner.

Beliau telah memberikan sumbangsih yang tak ternilai bagi kemajuan pendidikan di Indonesia. Semoga semangat dan cita-cita luhur Ki Hajar Dewantara terus menyala, menerangi jalan bagi generasi penerus bangsa untuk mewujudkan Indonesia yang gemilang.

"Tut Wuri Handayani, Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madya Mangun Karsa."

*

Intisari hadir di WhatsApp Channel, follow dan dapatkan berita terbaru kami di sini

---