Find Us On Social Media :

Masa Awal Pemulihan Kondisi Ekonomi Setelah Kemerdekaan Pemerintahan RI Untuk Sementara Mengakui Mata Uang Yang Berlaku

By Moh. Habib Asyhad, Selasa, 7 Mei 2024 | 10:17 WIB

Pada masa awal pemulihan kondisi ekonomi setelah kemerdekaan pemerintah RI untuk sementara waktu mengakui mata uang yang berlaku.

Intisari-Online.com - Apa mata uang pertama yang dipakai saat pertama kali Indonesia merdeka.

Pada masa awal pemulihan kondisi ekonomi setelah kemerdekaan pemerintah RI untuk sementara waktu mengakui mata uang yang berlaku.

Apa saja?

Sebelum merdeka, beragam jenis mata uang sebenarnya sudah beredar di Indonesia dan digunakan oleh masyarakat untuk bertransaksi dalam kehidupan sehari-hari.

Setelah merdeka, barulah Pemerintah Indonesia mengambil kebijakan terkait mata uang resmi yang mewarnai sejarah mata uang Indonesia dari tahun 1945 sampai sekarang.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Pemerintah Indonesia pada tanggal 1 Oktober 1945 menetapkan berlakunya mata uang bersama di wilayah Republik Indonesia (RI) yaitu uang De Javasche Bank, uang Hindia Belanda dan uang Jepang.

Mengapa diberlakukan tiga mata uang yang berbeda pada awal kemerdekaan Indonesia?

Karena saat itu Indonesia belum memiliki mata uang sendiri.

Selanjutnya, pada 2 Oktober 1945, pemerintah mengeluarkan Maklumat Pemerintah Republik Indonesia yang menetapkan bahwa uang NICA tidak berlaku di wilayah Republik Indonesia.

Saat itu uang NICA termasuk salah satu jenis mata uang yang beredar pada masa-masa awal kemerdekaan Indonesia.

Dengan adanya keputusan Pemerintah RI, maka penggunaan uang NICA tak lagi sah.

Kemudian, pada 3 Oktober 1945 diterbitkan Maklumat Presiden Republik Indonesia yang menentukan jenis-jenis uang yang sementara masih berlaku sebagai alat pembayaran yang sah.