Find Us On Social Media :

Gunung Ruang Erupsi, Ini Arti Siaga Saat Gunung Meletus

By Ade S, Rabu, 17 April 2024 | 16:45 WIB

Terlihat erupsi ekplosif di Gunung Ruang Kabupaten Sitaro Provinsi Sulawesi Utara. Gunung Ruang di Sulawesi Utara erupsi, status siaga diberlakukan. Ketahui arti siaga saat gunung meletus dan ikuti panduan evakuasi!

Intisari-Online.com - Gunung Ruang di Sulawesi Utara kembali menunjukkan aktivitas vulkaniknya dengan erupsi pada tanggal 17 April 2024.

Status gunung pun dinaikkan menjadi Siaga (Level III), menandakan peningkatan bahaya yang perlu diwaspadai.

Bagi masyarakat yang tinggal di sekitar gunung berapi, memahami arti siaga saat gunung meletus menjadi hal yang krusial.

Memahami arti siaga saat gunung meletus berarti memahami potensi bahaya dan langkah-langkah yang perlu diambil untuk menyelamatkan diri.

Artikel ini akan membahas lebih dalam mengenai arti siaga saat gunung meletus, termasuk potensi bahaya yang mungkin terjadi, langkah-langkah evakuasi yang perlu diambil, dan informasi penting lainnya yang perlu diketahui masyarakat.

Gunung Ruang Naik Status Siaga

Menurut Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), pengamatan selama periode 1-16 April 2024 menunjukkan Gunung Ruang terlihat jelas hingga tertutup kabut.

Erupsi pertama kali teramati pada 16 April pagi, dengan asap kawah setinggi 200-500 meter.

Pada pukul 13.37 Wita, erupsi dengan intensitas lemah dan asap putih tebal terekam, dengan suhu udara di sekitar gunung mencapai 26-32 derajat Celcius.

Lalu, pada 16 April 2024 sekitar pukul 19.19 Wita, Gunung Ruang kembali mengalami erupsi.

Erupsi berikutnya terjadi pada 17 April 2024 pukul 01.08 Wita, terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 55 mm dan durasi sekitar 2 menit.

Baca Juga: Mengapa di Indonesia Sering Terjadi Bencana Alam Semacam Gempa Bumi, Gunung Meletus, dan Tsunami?