Find Us On Social Media :

Sejarah Partai Pemenang Pemilu Pertama di Indonesia

By Afif Khoirul M, Jumat, 16 Februari 2024 | 09:20 WIB

Partai pemenang pemilu pertama di Indonesia.

Intisari-online.com - Pemilihan umum (pemilu) pertama di Indonesia diselenggarakan pada tahun 1955, setelah Indonesia merdeka dari penjajahan Belanda dan Jepang.

Menurut sejarah siapa partai pemenang pemilu pertama di Indonesia?

Pemilu ini merupakan pemilu demokratis, bebas, dan rahasia yang melibatkan seluruh rakyat Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas.

Tujuan pemilu ini adalah untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Konstituante yang akan menyusun undang-undang dasar negara.

Peserta dan Sistem Pemilu 1955

Pemilu 1955 diikuti oleh 29 partai politik, 4 organisasi massa, dan 3 perorangan yang mewakili berbagai aliran politik, agama, dan kepentingan di Indonesia.

Beberapa partai politik besar yang ikut serta adalah Partai Nasional Indonesia (PNI), Masyumi, Nahdlatul Ulama (NU), Partai Komunis Indonesia (PKI), Partai Sosialis Indonesia (PSI), dan Partai Katolik.

Pemilu 1955 menggunakan sistem proporsional, yaitu sistem yang membagi jumlah kursi di parlemen sesuai dengan persentase suara yang diperoleh oleh masing-masing peserta pemilu.

Pemilu ini juga menggunakan daftar terbuka, yaitu sistem yang memungkinkan pemilih untuk memilih calon anggota parlemen dari partai atau organisasi yang berbeda.

Pemilu 1955 dilaksanakan dalam dua tahap.

Tahap pertama adalah pemilu untuk memilih anggota DPR yang diadakan pada 29 September 1955.

Baca Juga: Komeng Partai Apa di Pemilu 2024? Ternyata Gara-gara Dua Sosok Ini