Find Us On Social Media :

Sejarah Keterlibatan Amerika dalam Perang Vietnam Serta Dampaknya

By Afif Khoirul M, Rabu, 17 Januari 2024 | 15:15 WIB

Ilustrasi - Keterlibatan Amerika dalam Perang Vietnam.

Intisari-online.com - Perang Vietnam adalah salah satu konflik bersenjata terpanjang dan paling kontroversial di abad ke-20.

Lantas, seperti apa sejarah keterlibatan Amerika dalam Perang Vietnam?

Perang ini melibatkan dua kubu utama, yaitu Vietnam Utara yang didukung oleh Uni Soviet, China, dan negara-negara komunis lainnya, dan Vietnam Selatan yang didukung oleh Amerika Serikat, Korea Selatan, dan negara-negara anggota SEATO (Southeast Asia Treaty Organization).

Perang ini berlangsung dari tahun 1955 hingga 1975, dan menelan jutaan korban jiwa, baik dari kalangan militer maupun sipil.

Keterlibatan Amerika Serikat dalam Perang Vietnam bermula dari kebijakan pembendungan (containment policy) yang dianut oleh AS untuk mencegah penyebaran komunisme di dunia, khususnya di Asia Tenggara.

AS khawatir bahwa jika Vietnam jatuh ke tangan komunis, maka negara-negara tetangganya akan mengikuti jejaknya, seperti yang dikenal dengan teori efek domino.

AS juga ingin menjaga kepentingan ekonomi dan politiknya di kawasan tersebut, serta mendukung pemerintah Vietnam Selatan yang dianggap sebagai sekutu dan teman.

AS mulai terlibat secara langsung dalam Perang Vietnam sejak tahun 1961, ketika Presiden John F. Kennedy mengirimkan penasihat militer dan bantuan ekonomi ke Vietnam Selatan untuk membantu pemerintah Ngo Dinh Diem menghadapi pemberontakan Viet Cong, yaitu gerakan perlawanan rakyat yang berafiliasi dengan Vietnam Utara.

Pada tahun 1964, setelah insiden Teluk Tonkin, di mana kapal-kapal AS dituduh diserang oleh kapal-kapal Vietnam Utara, Presiden Lyndon B. Johnson mendapatkan otoritas dari Kongres AS untuk meningkatkan keterlibatan militer AS di Vietnam.

Pada tahun 1965, AS mulai melakukan serangan udara besar-besaran terhadap Vietnam Utara, dan mengirimkan pasukan darat ke Vietnam Selatan.

Perkembangan Perang

Baca Juga: Inilah 4 Penyebab Runtuhnya Kerajaan Hindu Budha di Indonesia