Find Us On Social Media :

Salah Satu Peristiwa Penting Dalam Sejarah Kolonialisme Dan Imperialisme Adalah Penemuan Tanjung Harapan, Ini Penemunya

By Moh. Habib Asyhad, Jumat, 15 Desember 2023 | 20:17 WIB

Salah satu peristiwa penting dan menentukan dalam sejarah kolonialisme dan imperialisme Barat adalah penemuan Tanjung Harapan yang ditemukan oleh Bartolomeu Dias.

Intisari-Online.com - Salah satu peristiwa penting dan menentukan dalam sejarah kolonialisme dan imperialisme Barat adalah penemuan Tanjung Harapan.

Tanjung yang terletak di Afrika Selatan ini ditemukan oleh seorang pelaut portugis bernama Bartolomeu Dias.

Ada juga yang menulisnya Bartholomeus Diaz.

Selain itu, penemuan Tanjung Harapan juga membuka rute laut dari Eropa ke Asia, dan menjadi pembuka kontak hubungan antara Eropa dengan Afrika dan Timur Jauh.

Bagaimana penemuan itu begitu penting bagi sejarah kolonialisme dan imperalisme Barat?

Sejarah penemuan Tanjung Harapan diawali dengan penjelajahan Bartholomeus Diaz pada akhir abad ke-15.

Bartholomeus Diaz adalah seorang kesatria istana kerajaan Portugal yang dikenal ahli berlayar dan tergabung dalam pasukan perang Saint Christopher.

Pada 10 Oktober 1486, ia ditunjuk oleh Raja John II dari Portugal sebagai kepala ekspedisi untuk menemukan rute perdagangan baru ke Asia.

Bartholomeus Diaz kemudian bertolak dari Lisabon dengan tiga kapal dan memulai pelayarannya pada Agustus 1487.

Selama menyusuri pantai barat Afrika, ekspedisi ini sering berhenti dan menjelaskan pada suku setempat bahwa mereka adalah utusan raja Portugis yang hendak melakukan hubungan dagang dan mencari jalan ke India.

Pada Desember 1487, Bartholomeus Diaz mencapai Walvis Bay, kemudian mengitari Tanjung Harapan dan terus melanjutkan perjalanannya ke arah timur.

Namun, setelah berlabuh di Kwaaihoek, dekat muara Sungai Bushman, pada 12 Maret 1488, para awak menolak untuk melanjutkan perjalanan.