Find Us On Social Media :

Mengapa Pemerintah Pendudukan Jepang Hanya Boleh Memperdengarkan Lagu Kebangsaan Kimigayo?

By Ade S, Minggu, 17 Desember 2023 | 18:03 WIB

Rakyat Indonesia sedang melakukan seikerei. Simak artikel ini untuk mengetahui mengapa pemerintah pendudukan Jepang akhirnya hanya boleh memperdengarkan lagu kebangsaan Kimigayo, sedangkan lagu Indonesia Raya mulai dilarang.

Intisari-Online.com - Tahukah Anda bahwa lagu Indonesia Raya pernah dilarang oleh Jepang saat mereka menjajah Indonesia?

Pemerintah Jepang hanya membolehkan rakyat Indoensia mendengarkan lagu Kimigayo, lagu kebangsaan Jepang.

Artikel ini akan menjelaskan mengapa pemerintah pendudukan Jepang akhirnya hanya boleh memperdengarkan lagu kebangsaan Kimigayo, sedangkan lagu Indonesia Raya mulai dilarang.

Anda juga akan mengetahui kontroversi dan kritik yang muncul terkait lagu Kimigayo, baik dari masyarakat Indonesia maupun Jepang sendiri.

Alasan Jepang

Di awal penjajahan, Jepang masih mengizinkan lagu Indonesia Raya untuk diputar.

Ini karena Jepang ingin berpura-pura bahwa mereka mendukung kemerdekaan Indonesia.

Namun, seiring berjalannya waktu, Jepang sadar bahwa taktik mereka malah membangkitkan semangat patriotisme dan nasionalisme rakyat Indonesia.

Jepang pasti tidak mau Indonesia merdeka atau menang, setidaknya sebelum Jepang menang melawan Amerika Serikat dalam Perang Asia Timur Raya atau Perang Pasifik.

Karena itu, melansir Kompas.com, Jepang melarang lagu Indonesia Raya yang dibuat tahun 1928 dan hanya memperbolehkan lagu Kimigayo, karena khawatir rakyat Indonesia akan melakukan perlawanan.

Baca Juga: Mengapa Jepang Menyerah Tanpa Syarat Kepada Sekutu? Ini Penjelasannya