Find Us On Social Media :

Bagaimana Perubahan Sosial Budayanya Jika Suatu Masyarakat Menutup Diri dari Dunia Luar?

By Ade S, Selasa, 28 November 2023 | 12:03 WIB

Ilustrasi. Artikel ini membahas bagaimana perubahan sosial budayanya jika suatu masyarakat menutup diri dari dunia luar.

Intisari-Online.com - Apakah Anda pernah membayangkan bagaimana kehidupan suatu masyarakat yang tidak pernah berinteraksi dengan masyarakat lain?

Bagaimana perubahan sosial budayanya jika suatu masyarakat menutup diri dari dunia luar?

Apakah mereka akan tetap mempertahankan budaya asli mereka atau justru mengalami kemunduran?

Artikel ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan mengulas beberapa aspek penting terkait perubahan sosial budaya.

Anda akan belajar mengenai faktor-faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial budaya, bentuk dan dampak perubahan sosial budaya, dan contoh masyarakat yang menutup diri dari dunia luar.

Faktor-Faktor Pendorong dan Penghambat Perubahan Sosial Budaya

Perubahan sosial budaya adalah suatu proses yang terjadi akibat adanya interaksi antara berbagai unsur sosial budaya, baik di dalam maupun di luar suatu masyarakat.

Perubahan sosial budaya dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik yang bersifat internal maupun eksternal.

Faktor-faktor pendorong perubahan sosial budaya adalah faktor-faktor yang mendorong suatu masyarakat untuk melakukan perubahan atau penyesuaian terhadap unsur-unsur sosial budayanya.

Faktor-faktor pendorong perubahan sosial budaya antara lain adalah:

- Faktor geografis, yaitu faktor yang berkaitan dengan kondisi alam dan lingkungan tempat tinggal suatu masyarakat. Contohnya adalah bencana alam, perubahan iklim, atau sumber daya alam yang berubah.

Baca Juga: Bagaimana Kondisi Masyarakat Kerajaan Majapahit Pada Tempo Dulu?