Find Us On Social Media :

Alasan Waktu Merupakan Konsep yang Penting dalam Peristiwa Sejarah

By Ade S, Kamis, 23 November 2023 | 17:03 WIB

Suasana pembacaan teks proklamasi yang dibacakan Presiden Soekarno. Simak artikel ini untuk mengetahui alasan waktu merupakan konsep yang penting dalam peristiwa sejarah dan bagaimana cara memahaminya.

Intisari-Online.com - Apakah Anda pernah bertanya-tanya mengapa waktu menjadi salah satu unsur yang penting dalam sejarah?

Bagaimana waktu dapat mempengaruhi peristiwa sejarah yang terjadi?

Artikel ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan memberikan alasan waktu merupakan konsep yang penting dalam peristiwa sejarah.

Anda akan belajar bagaimana waktu dapat menunjukkan perkembangan, kesinambungan, pengulangan, dan perubahan dalam sejarah.

Anda juga akan melihat contoh-contoh unsur waktu dalam sejarah yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya.

Pengertian Konsep Waktu Dalam Sejarah

Konsep waktu (dimensi temporal) memiliki dua arti, yaitu makna denotatif (makna sesungguhnya) dan makna konotatif (makna kiasan atau tidak sesungguhnya).

Makna denotatif dari “waktu” adalah ‘satu kesatuan yang terdiri dari detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, tahun, windu, abad, dan sebagainya’.

Makna konotatif dari “waktu” adalah suatu konsep yang tidak harus berhubungan dengan konsep ruang.

Konsep ruang (dimensi spasial) adalah lokasi atau tempat terjadinya suatu peristiwa, baik peristiwa alam, peristiwa sosial, maupun peristiwa sejarah yang menjadi bagian penting dalam proses perjalanan waktu.

Manusia adalah subjek atau pelaku dalam peristiwa sosial dan peristiwa sejarah yang terjadi.

Baca Juga: Mengapa Tidak Semua Peristiwa Masa Lalu dapat Disebut Sebagai Peristiwa Sejarah?