Find Us On Social Media :

Sumber Data yang Diperlukan dalam Penelitian Tentang Kerajaan Majapahit adalah 5 Hal Ini

By Ade S, Kamis, 12 Oktober 2023 | 11:03 WIB

Replika kitab Negarakertagama. Ingin meneliti tentang Kerajaan Majapahit? Simak artikel ini untuk mengetahui sumber data yang diperlukan dalam penelitian tentang Kerajaan Majapahit.

Intisari-Online.com - Kerajaan Majapahit adalah salah satu kerajaan terbesar dan teragung di nusantara. Kerajaan ini berdiri sejak abad ke-13 hingga abad ke-16.

Namun, apa sumber data yang diperlukan dalam penelitian tentang Kerajaan Majapahit?

Artikel ini akan membahas beberapa sumber data yang dapat digunakan untuk meneliti tentang Kerajaan Majapahit, baik dari sisi sejarah, budaya, politik, ekonomi, maupun militer.

Anda akan menemukan berbagai sumber data yang berasal dari kitab-kitab, prasasti-prasasti, candi-candi, catatan-catatan asing, maupun peninggalan-peninggalan lainnya.

Dengan mengetahui sumber data yang diperlukan dalam penelitian tentang Kerajaan Majapahit, Anda akan dapat memperoleh gambaran yang lebih lengkap dan akurat tentang kerajaan ini.

Asal-usul Kerajaan Majapahit

Kerajaan Majapahit lahir dari kisah pembalasan dendam Raden Wijaya terhadap Jayakatwang, Adipati Kediri yang menggulingkan Singasari pada 1292 M.

Raden Wijaya mendapat dukungan dari Arya Wiraraja, Adipati Madura yang membantunya melawan Jayakatwang.

Raden Wijaya kemudian kembali ke Singasari dan berpura-pura menjadi pengikut Jayakatwang.

Jayakatwang merasa senang dan memberikan Raden Wijaya sebuah daerah yang bernama Hutan Tarik.

Baca Juga: Bagaimana Kondisi Masyarakat Kerajaan Majapahit Pada Tempo Dulu?