Find Us On Social Media :

Astaga, Gempa Bumi Tektonik 5,0 M Guncang Laut Banda, Buru Selatan, Maluku, Ini Titik Gempa dan Penyebabnya!

By Afif Khoirul M, Kamis, 5 Oktober 2023 | 16:15 WIB

Gempa bumi 5.0 guncang Maluku, hari ini.

Intisari-online.com - Gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 5,0 mengguncang kawasan Laut Banda, Provinsi Maluku, pada Kamis (5/10/2023) pukul 11.25 WIB.

Gempa ini dirasakan oleh sebagian warga di Kabupaten Buru Selatan, namun tidak menimbulkan potensi tsunami.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di koordinat 4.46 Lintang Selatan dan 127.09 Bujur Timur.

Lokasi gempa tepatnya berada di laut sekitar 99 kilometer Barat Daya Buru Selatan dengan kedalaman 10 kilometer.

BMKG menjelaskan bahwa gempa ini merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sumber gempa sesar aktif (Buru Fracture).

Sesar ini merupakan bagian dari Sesar Banda yang membentang dari Pulau Timor hingga Papua.

Gempa bumi tektonik adalah gempa yang terjadi akibat pergerakan lempeng-lempeng bumi yang saling bertabrakan, bergeser, atau menjauh.

Gempa ini bisa terjadi di darat maupun di laut dan bisa menimbulkan dampak merusak seperti runtuhan bangunan, longsor, atau tsunami.

BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan waspada terhadap kemungkinan adanya gempa bumi susulan yang mungkin terjadi.

BMKG juga mengingatkan agar masyarakat tidak mudah percaya terhadap isu-isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami.

Gempa bumi tektonik yang mengguncang Laut Banda ini merupakan salah satu dari banyak gempa yang terjadi di wilayah Indonesia.

Baca Juga: Astaga, Gempa Bumi 4,9 Guncang Banten 4 Oktober 2023, Ini Penyebab Banteng Sering Diguncang Gempa