Find Us On Social Media :

SECRET STORY Versi Lain Silsilah Mantan Presiden Soeharto

By Yoyok Prima Maulana, Minggu, 24 September 2023 | 13:15 WIB

Versi lain tentang silsilah mantan Presiden Soeharto.

Intisari-online.com - Soeharto, presiden kedua Republik Indonesia, dikenal sebagai salah satu tokoh penting dalam sejarah bangsa ini.

Namun, selain kiprah politik dan militer yang kontroversial, Soeharto juga memiliki silsilah keluarga yang menarik untuk ditelusuri.

Ada beberapa versi yang beredar tentang asal-usul Soeharto, yang salah satunya disebut mempunyai hubungan darah dengan keluarga keraton Yogyakarta.

Berikut adalah 3 versi silsilah Soeharto

Versi pertama, yang paling umum diterima, adalah bahwa Soeharto adalah anak dari Kertosudiro, seorang petani dan pegawai lurah di desa Kemusuk, Yogyakarta.

Ibunya bernama Sukirah, istri dari Kertosudiro.

Soeharto lahir pada tanggal 8 Juni 1921 di Yogyakarta.

Versi ini didukung oleh buku biografi resmi Soeharto yang ditulis oleh G. Dwipayana dan Ramadhan K.H., serta oleh kesaksian keluarga dan kerabat dekatnya.

Versi kedua, Soeharto merupakan keturunan ningrat Keraton Yogyakarta.

Kabar ini muncul di majalah POP, volume 2, nomor 17, Tahun 1974 yang berjudul "Teka-teki Sekitar garis Silsilah Soeharto" dengan oplah 24 ribu.

Artikel tersebut menyebutkan bahwa Soeharto merupakan anak dari R.L. Prawirowijono alias Raden Rio Padmodipuro yang merupakan salah satu keturunan Sultan Hamengkubuwono II.

Pada suatu hari, dengan terpaksa Raden Rio menitipkan istri dan anaknya kepada seseorang bernama Kartosudiro.