Find Us On Social Media :

Ini Arti Penting Mempertahankan Pancasila Sebagai Dasar Negara

By Ade S, Jumat, 25 Agustus 2023 | 12:03 WIB

Ilustrasi. Artikel ini akan jelaskan arti penting mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara bagi keutuhan dan kemajuan bangsa Indonesia.

Intisari-Online.com - Apakah Anda tahu apa itu Pancasila? Pancasila adalah lima prinsip yang menjadi dasar negara Indonesia.

Pancasila bukan hanya sekadar lambang atau simbol, tetapi juga merupakan jiwa dan identitas bangsa yang harus dijaga dan dilestarikan.

Dalam artikel ini, kita akan jelaskan arti penting mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara bagi keutuhan dan kemajuan bangsa Indonesia.

Makna Pancasila Sebagai Dasar Negara

Pancasila sebagai dasar negara memiliki makna bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila menjadi pedoman bagi penyelenggaraan negara dan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Pancasila juga menjadi sumber dari segala sumber hukum atau tata tertib hukum Indonesia.

Selain itu, Pancasila juga menjadi dasar dalam menata negara yang merdeka dan berdaulat, serta mengatur penyelenggaraan aparatur negara yang bersih dan berwibawa.

Pancasila juga menjadi dasar, arah, dan petunjuk aktivitas bangsa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.

Arti Penting Mempertahankan Pancasila Sebagai Dasar Negara

Mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara sangat penting bagi keutuhan dan kemajuan bangsa Indonesia.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa kita harus mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara:

Baca Juga: Kemajuan Teknologi Memiliki Dampak Positif dan Negatif dalam Kehidupan Berbangsa, Terutama dalam Penerapan Pancasila