Find Us On Social Media :

Alhamdulillah, BLT PIP Rp1 Juta Sudah Cair di Jawa Tengah, Cek Daerah Anda Lewat Cara Ini

By Ade S, Minggu, 20 Agustus 2023 | 19:03 WIB

BLT PIP tahap 2 cair hingga Rp1.000.000. Bagi yang belum terdaftar segera mendaftarkan diri

Intisari-Online.com - Siswa yang memenuhi syarat dapat menerima bantuan uang tunai hingga Rp1.000.000 dari Program Indonesia Pintar (PIP) tahap 2 yang mulai dicairkan pada bulan Agustus 2023.

PIP adalah program pemerintah yang memberikan bantuan uang tunai, akses, dan peluang belajar kepada siswa dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk mendukung pendidikan mereka.

Tujuan dari program ini adalah untuk mencegah siswa berisiko putus sekolah dan mengajak siswa yang sudah putus sekolah untuk kembali melanjutkan pendidikan mereka.

Penyaluran BLT PIP tahap 2

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Uswatun Hasanah, penyaluran PIP tahap 2 telah dimulai sejak Jumat (4/8/2023).

Siswa akan menerima bantuan melalui bank penyalur yang sesuai dengan jenjang pendidikan mereka.

"Sesuai dengan surat pemberitahuan dari Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemdikbudristek Nomor: 1437/J5/LP.01.00/2023 perihal Pemberitahuan Penyaluran Dana PIP," ujar Uswatun dalam keterangan resminya kepada Kompas.com, Selasa (15/8/2023).

Ia menjelaskan, bantuan PIP pada 2023 diberikan kepada siswa jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Selain itu, siswa dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK),Pendidikan Khusus dan Pendidikan Kesetaraan juga berhak mendapatkan bantuan ini.

Jumlah bantuan PIP

Berdasarkan Persesjen Kemdikbudristek RI No. 14 Tahun 2022, jumlah bantuan yang diterima oleh siswa disesuaikan dengan jenjang pendidikan mereka.

Baca Juga: Alhamdulillah, Belum Usai Kemeriahan HUT RI, BLT PIP Rp1 Juta Siap Dicairkan untuk Pemilik Tabungan Ini