Find Us On Social Media :

Peristiwa Pengeboman Hiroshima dan Nagasaki: Latar Belakang dan Kronologi

By Ade S, Sabtu, 19 Agustus 2023 | 11:03 WIB

Ilustrasi. Apa yang menyebabkan peristiwa pengeboman Hiroshima dan Nagasaki? Bagaimana kronologi dan dampaknya? Baca artikel ini untuk mengetahui jawabannya.

Intisari-Online.com - Pada bulan Agustus 1945, dunia dikejutkan oleh peristiwa pengeboman atom yang dilakukan oleh Amerika Serikat terhadap dua kota di Jepang, yaitu Hiroshima dan Nagasaki.

Peristiwa ini merupakan peristiwa pertama dan terakhir penggunaan senjata nuklir dalam sejarah peperangan.

Peristiwa pengeboman Hiroshima dan Nagasaki ini tidak hanya menimbulkan korban jiwa yang sangat besar, tetapi juga mengubah jalannya Perang Dunia II dan sejarah dunia.

Artikel ini akan membahas latar belakang dan kronologi peristiwa pengeboman Hiroshima dan Nagasaki, serta dampaknya bagi Jepang dan dunia.

Latar Belakang

Penyebab dari pengeboman Hiroshima dan Nagasaki adalah serangan mendadak yang dilakukan oleh Jepang terhadap pangkalan laut AS di Pearl Harbor, Hawaii, pada 7 Desember 1941.

Serangan ini merusak armada Pasifik AS dan memicu perang antara kedua negara.

Untuk membalas serangan Jepang dan mengakhiri perang secepat mungkin, AS memutuskan untuk menggunakan senjata nuklir yang baru dikembangkan.

AS memilih Hiroshima dan Nagasaki sebagai target pengeboman karena kota-kota ini memiliki industri militer dan sipil yang penting.

Pada 6 Agustus 1945, AS menjatuhkan bom atom pertama di Hiroshima. Tiga hari kemudian, AS menjatuhkan bom atom kedua di Nagasaki.

Pengeboman ini menyebabkan Jepang menyerah pada 15 Agustus 1945.

Baca Juga: Peristiwa Vacuum of Power, Kekosongan Kekuasaan di Indonesia Akibat Jepang Menyerah pada Sekutu