Find Us On Social Media :

Ternyata Ini Arti Kasus Tali Air Yang Belakangan Viral Di Media Sosial

By Moh. Habib Asyhad, Sabtu, 5 Agustus 2023 | 14:17 WIB

Belakangan ini viral istilah kasus tali air di media sosial, ternyata berkaitan dengan kasus pelecehan seksual dan pemerkosaan terhadap perempuan.

Belakangan ini viral istilah kasus tali air di media sosial, ternyata berkaitan dengan kasus pelecehan seksual dan pemerkosaan terhadap perempuan.

Intisari-Online.com - Belakangan ini di media sosial ramai soal istilah kasus tali air.

Apa arti kasus tali air sendiri?

Mengutip sebuah artikel di Kompas.id yang terbit pada 8 September 2020, istilah tali air jamak ditemukan di kalangan penghuni penjara.

Mereka punya tradisi merajah tubuh dan menganiaya pelaku kasus "tali air".

Tato tali air melambangkan bahwa narapidana itu sebagai narapidana yang hina dan rendah di kalangan pria penghuni penjara.

Masih dari sumber yang sama, kasus tali air adalah kasus kejahatan terhadap perempuan, di antaranya kasus pemerkosaan, pelecehan seksual, perdagangan manusia, kasus menghamili perempuan di luar nikah, dan kekerasan dalam rumah tangga.

Narapidana dengan kasus tali air, selain dihina, direndahkan, dan dilecehkan sesama napi, juga akan sering mendapatkan siksaan di area vital.

Lalu apakah di kalangan narapidana pelaku kasus tali air adalah sosok yang tidak kesatria?

Menurut psikolog Lapas Nusa Kambangan Reni Kusumawardhani tidak juga.

"Pelecehan atau siksaan terhadap seorang napi yang terlibat kasus ’Tali Air’ itu, cuma tindakan rasionalisasi seperti pada teori psikologi tentang mekanisme pertahanan diri," begitu kata Reni di sumber yang sama.

"Kehadiran napi yang terlibat kasus Tali Air membuat kalangan napi lainnya membenarkan kejahatan mereka karena tidak terlibat kasus serupa."