Find Us On Social Media :

Penyebab Khalifah Umar Tetapkan Peristiwa Hijrahnya Nabi Sebagai Awal Tahun Hijriyah dalam Islam

By Ade S, Sabtu, 5 Agustus 2023 | 11:03 WIB

Ilustrasi. Apa yang menyebabkan Khalifah Umar bin Khattab menetapkan peristiwa hijrahnya Nabi sebagai awal perhitungan tahun hijriyah dalam Islam?

Intisari-Online.com - Kalender hijriah adalah sistem penanggalan yang digunakan oleh umat Islam untuk menentukan waktu-waktu penting dalam agama, seperti ibadah, puasa, dan hari raya.

Kalender ini berdasarkan peredaran bulan mengelilingi bumi, sehingga setiap bulannya terdiri dari 29 atau 30 hari.

Namun, tahukah Anda apa yang menyebabkan Khalifah Umar bin Khattab menetapkan peristiwa hijrahnya Nabi sebagai awal perhitungan tahun hijriyah dalam Islam?

Artikel ini akan mengulas jawabannya secara lengkap dan mendalam.

Latar belakang terbentuknya kalender Hijriah

Masyarakat Jahiliyah sudah mengenal Muharram sebagai bulan yang disucikan sebelum Islam datang.

Namun, penetapan Muharram sebagai bulan pertama dalam kalender Islam atau Hijriah baru terjadi pada zaman Khalifah Umar bin Khattab.

Sebelumnya, umat Muslim belum memiliki angka tahun, melainkan hanya bulan dan tanggal saja, mengikuti tradisi Arab pra-Islam.

Hal ini menyulitkan proses pencatatan surat dan urusan kenegaraan, sehingga timbul gagasan untuk membuat kalender Islam.

Kalender Islam dirumuskan oleh Khalifah Umar bin Khattab, yang bersama para sahabat sepakat menggunakan sistem kalender lama (pra-Islam) tetapi diperbaiki.

Baca Juga: Peristiwa 10 Muharram Karbala, Awal Mula Perpecahan Sunni dan Syiah