Find Us On Social Media :

Pembunuhan Franz Ferdinand 28 Juli 1914 Percikan Api yang Menyulut Perang Dunia I

By Afif Khoirul M, Jumat, 28 Juli 2023 | 16:10 WIB

Pembunuhan Pangeran Franz Ferdinand menjadi pemicu Perang Dunia I

Intisari-online.com - Sebuah peristiwa tragis terjadi pada tanggal 28 Juni 1914, ketika Franz Ferdinand, penerus takhta Austria-Hongaria, dan istrinya, Sophie, ditembak mati di Sarajevo, ibu kota Bosnia.

Pelakunya adalah Gavrilo Princip, seorang anggota dari Black Hand, sebuah organisasi rahasia yang berjuang untuk menyatukan seluruh bangsa Slavik Selatan di bawah naungan Serbia.

Peristiwa ini kemudian menjadi penyebab utama dari Perang Dunia I, perang besar pertama yang melanda dunia dan menelan korban jiwa jutaan orang.

Pembunuhan Franz Ferdinand bukanlah sebuah kejadian yang spontan, melainkan merupakan hasil dari ketegangan politik dan persaingan ekonomi yang sudah berlangsung lama di Eropa.

Sejak abad ke-19, Eropa mengalami perkembangan pesat di bidang industri, kolonialisme, dan nasionalisme yang membuat negara-negara Eropa menjadi kuat dan berpengaruh di dunia.

Namun, hal ini juga menimbulkan konflik dan saingan antara negara-negara besar, terutama antara Jerman dan Inggris.

Untuk menjaga kepentingan mereka, negara-negara Eropa membentuk aliansi-aliansi militer yang berlawanan.

Pada tahun 1914, ada dua kelompok aliansi utama di Eropa: Triple Entente (Inggris, Prancis, dan Rusia) dan Triple Alliance (Jerman, Austria-Hongaria, dan Italia).

Selain itu, ada juga negara-negara netral seperti Belgia, Belanda, Swiss, dan Skandinavia.

Salah satu daerah yang menjadi sumber ketegangan antara aliansi-aliansi ini adalah Balkan, sebuah semenanjung di Eropa Tenggara yang terdiri dari berbagai suku dan agama.

Pada awal abad ke-20, banyak negara-negara Balkan yang merdeka dari Kekaisaran Utsmaniyah yang mulai melemah.

Baca Juga: Ada 2 Sosok Matahari Kembar Di Tubuh PDI, Maka Terjadilah Peristiwa Kudatuli, Kerusuhan 27 Juli 1996