Find Us On Social Media :

Bismillah, BLT PKH Rp600 Ribu Tahap 3 Sudah Cair di Beberapa Daerah, Segera Cek Nama Anda di Sini

By Ade S, Rabu, 19 Juli 2023 | 11:13 WIB

BLT PKH 2023 kabarnya akan segera cair setelah Lebaran. Nominalnya lumayan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Intisari-Online.com - Bantuan Langsung Tunai (BLT) Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap 3 tahun 2023 sudah mulai disalurkan oleh pemerintah kepada penerima manfaat.

Bantuan ini diberikan kepada rumah tangga sangat miskin (RTSM) yang memiliki anggota keluarga lansia atau penyandang disabilitas.

Salah satu bantuan ini memiliki besaran Rp600 ribu per tahap atau Rp2,4 juta per tahun.

Apakah Anda termasuk dalam penerima bantuan PKH Tahap 3? Bagaimana cara mengecek nama Anda? Apa saja syarat dan cara menerima bantuan ini?

Simak ulasan berikut untuk mengetahui jawabannya.

Apa Itu Program Keluarga Harapan?

Program Keluarga Harapan atau PKH adalah salah satu bentuk perlindungan sosial yang diberikan oleh pemerintah kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM).

PKH memberikan bantuan uang non tunai kepada RTSM yang memenuhi kriteria tertentu, yaitu memiliki anggota keluarga yang sedang hamil/nifas/menyusui, atau memiliki anak balita atau anak usia 5-7 tahun yang belum bersekolah di SD, atau memiliki anak usia SD dan/atau SMP dan/atau anak usia 15-18 tahun yang belum lulus pendidikan dasar.

PKH tidak hanya memberikan bantuan uang, tetapi juga mensyaratkan penerima untuk melakukan hal-hal yang dapat meningkatkan kesejahteraan mereka, seperti mengikutsertakan anak-anak mereka ke sekolah dengan tingkat kehadiran minimal, melakukan pemeriksaan kesehatan dan/atau memperhatikan asupan gizi dan gaya hidup sehat bagi anak-anak dan ibu hamil.

Program ini dikenal secara internasional sebagai Program Conditional Cash Transfers atau Program Bantuan Tunai Bersyarat.

PKH bertujuan untuk membantu RTSM keluar dari kemiskinan dan memutus rantai kemiskinan antar generasi, serta untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia.

Baca Juga: Bismillah, BLT Rp600.000 Tahap 3 Sudah Mulai Cair di Beberapa Wilayah Ini, Segera Cek Jadwal Daerahmu di Sini