Find Us On Social Media :

Teruo Nakamura, Tentara Jepang Terakhir yang Menyerah di Indonesia

By Afif Khoirul M, Senin, 3 Juli 2023 | 18:00 WIB

Sosok Teruo Nakamura, tentara Jepang terakhir yang menyerah ke Indonesia.

Intisari-online.com - Teruo Nakamura adalah seorang prajurit dua Angkatan Darat Kekaisaran Jepang yang lahir di Taiwan pada tahun 1919.

Ia bertempur untuk Jepang dalam Perang Dunia II dan baru menyerah pada tahun 1974 di Pulau Morotai, Indonesia

Merupakan salah satu dari sekian banyak tentara Jepang yang menolak menyerah setelah berakhirnya perang dan juga yang dikonfirmasi sebagai yang terakhir.

Dinas Militer

Nakamura berasal dari suku Ami, penduduk asli Taiwan, yang saat itu menjadi koloni Jepang.

Ia terkena wajib militer dan dimasukkan ke dalam sebuah Unit Sukarela Takasago dari Angkatan Darat Kekaisaran Jepang pada bulan November 1943.

Ia ditempatkan di Pulau Morotai, di Hindia Belanda yang diduduki Jepang, tak lama sebelum pulau tersebut ditaklukkan oleh Sekutu pada bulan September 1944 dalam Pertempuran Morotai.

Kemudian dinyatakan tewas pada bulan Maret 1945.

Setelah pulau itu direbut, kelihatannya Nakamura tinggal bersama sejumlah prajurit Jepang lain yang tidak mau menyerah di pulau tersebut hingga dekade 1950-an, walau juga beberapa kali hidup sendirian selama jangka waktu cukup lama.

Pada tahun 1956, ia kelihatannya berkeputusan untuk tak mengikatkan diri lagi dengan para prajurit lain yang tak mau menyerah di pulau tersebut, dan mulai membangun sebuah kamp kecil miliknya sendiri, yang terdiri dari sebuah pondok kecil di dalam ladang berpagar seluas 20 kali 30 meter.

Ketika ditanyakan alasannya meninggalkan para prajurit yang lain, Nakamura mengklaim mereka mencoba membunuh dirinya; tapi, klaim ini disangkal oleh tiga prajurit lain dari kelompoknya, yang telah ditemukan pada dekade 1950-an.

Baca Juga: Mengapa Jepang Menyatakan Menyerah Tanpa Syarat Kepada Sekutu?