Find Us On Social Media :

Mengapa Dapat Terjadi Perbedaan Waktu? Ini Penjelasan Singkatnya

By Ade S, Minggu, 2 Juli 2023 | 09:03 WIB

Mengapa dapat terjadi perbedaan waktu? Berikut ini penjelasannya.

Intisari-Online.com - Waktu menentukan kapan kita bangun, bekerja, beribadah, beristirahat, dan melakukan berbagai aktivitas lainnya.

Namun, apakah Anda tahu bahwa waktu tidak sama di seluruh dunia? Ya, ada perbedaan waktu antara satu tempat dengan tempat lain.

Lalu, mengapa dapat terjadi perbedaan waktu? Apa yang menyebabkan adanya perbedaan waktu? Dan bagaimana dampaknya bagi masyarakat Indonesia?

Artikel ini akan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Mengapa dapat terjadi perbedaan waktu?

Perbedaan waktu dapat terjadi karena bumi berputar pada porosnya dari barat ke timur dengan kecepatan sekitar 1.670 km/jam. Bumi membutuhkan waktu 24 jam untuk menyelesaikan satu putaran penuh.

Hal ini berarti bahwa setiap titik di permukaan bumi akan mengalami siang dan malam secara bergantian dalam kurun waktu 24 jam.

Namun, karena bumi berbentuk bulat dan tidak datar, maka setiap titik di permukaan bumi tidak akan mendapatkan sinar matahari secara merata. Ada titik-titik yang lebih dekat dengan matahari dan ada yang lebih jauh.

Ini menyebabkan adanya perbedaan panjang siang dan malam antara satu tempat dengan tempat lain.

Selain itu, karena bumi berotasi dari barat ke timur, maka setiap titik di permukaan bumi akan menghadap matahari secara berurutan. Ini berarti bahwa ada titik-titik yang lebih dulu mendapatkan sinar matahari dan ada yang lebih belakangan.

Ini menyebabkan adanya perbedaan waktu antara satu tempat dengan tempat lain. Misalnya, ketika matahari terbit di Indonesia, maka di Amerika masih malam hari.

Baca Juga: Perbedaan Mata Pencaharian Masyarakat di Dataran Tinggi, Dataran Rendah, dan Daerah Pesisir