Find Us On Social Media :

Rp1 Miliar untuk Makan Sehari, Begini Sosok dan Gaya Hidup Lukas Enembe yang Kontroversial

By Afif Khoirul M, Rabu, 28 Juni 2023 | 14:55 WIB

Sosok Lukas Enembe, Gubernur Papua yang terjerat kasus korupsi.

Intisari-online.com - Sejak April 2013 hingga Januari 2023, Lukas Enembe menjabat sebagai Gubernur Papua.

Sebelumnya, ia pernah menjadi Bupati Puncak Jaya dari tahun 2007 sampai 2012, dan Wakil Bupati kabupaten tersebut dari tahun 2001 sampai 2006.

Lukas Enembe menjadi perhatian publik setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkannya sebagai tersangka pada 5 September 2022.

Ia diduga menerima uang senilai total Rp45,8 miliar sebagai suap dan gratifikasi yang berkaitan dengan proyek infrastruktur di Provinsi Papua.

Salah satu fakta yang mengherankan dari kasus ini adalah kebiasaan makan Lukas Enembe yang mengeluarkan Rp1 miliar per hari.

Menurut jaksa KPK, Lukas Enembe mendapatkan uang dari dua perusahaan konstruksi, yaitu PT Melonesia Mulia dan PT Tabi Anugerah Pharmindo, sebagai "hadiah" atas kemenangan mereka dalam proyek pengadaan barang dan jasa di Papua.

Uang tersebut lalu digunakan oleh Lukas Enembe untuk membiayai gaya hidupnya yang mewah dan boros.

Ia sering mengajak para pejabat, tokoh adat, dan masyarakat untuk makan bersama di rumah dinasnya.

Setiap kali makan, ia mengeluarkan Rp100 juta hingga Rp150 juta untuk membeli bahan-bahan makanan seperti daging sapi, ayam, ikan, sayur-sayuran, buah-buahan, dan minuman.

Dengan asumsi bahwa Lukas Enembe makan tiga kali sehari, maka ia bisa mengeluarkan Rp300 juta hingga Rp450 juta per hari hanya untuk makan.

Dalam sebulan, angka tersebut bisa mencapai Rp9 miliar hingga Rp13,5 miliar.

Baca Juga: Shane Lukas Jadi 'Provokator' Agar Mario Dandy Pukuli David, Ini 2 Cara Para Provokator Bikin Kekacauan Menurut Ahli