Find Us On Social Media :

Desa Wayu, Surga Paralayang dengan Pemandangan yang Sangat Indah

By Ade S, Sabtu, 24 Juni 2023 | 07:03 WIB

Paralayang di Desa Wayu, Sigi, menyajikan pemandangan yang indah.

Intisari-Online.com - Saya sedang menikmati secangkir kopi robusta di sebuah warung di Desa Wayu, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Warung ini berada tepat di depan landasan terbang paralayang yang akan menjadi lokasi atraksi para penerbang dari Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Kabupaten Sigi.

Mereka akan menunjukkan keahlian mereka dalam olahraga aerosport ini sebagai bagian dari rangkaian Festival Lestari V.

Festival Lestari V adalah acara yang diselenggarakan oleh Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) pada 23-25 Juni 2023 di Kabupaten Sigi untuk mempromosikan kelestarian lingkungan dan budaya di daerah ini.

Atraksi paralayang di Desa Wayu adalah salah satu acara pembuka yang digelar pada 22 Juni 2023.

Sambil menunggu, saya terpesona dengan pemandangan yang terbentang dari ketinggian.

Saya bisa melihat kota Palu dan teluknya yang biru, serta pegunungan Gawalise yang menjulang di seberangnya.

Di warung itu, saya berkenalan dengan Rosanti, seorang gadis berusia 23 tahun yang juga penjaga warung.

Saya lihat, Rosanti menggunakan jersey paralayang. Saya tanyakan kepadanya, apakah nanti akan ikut mengudara bersama teman-teman FASI? "Iya," jawabnya.

Rosanti mengatakan bahwa dirinya telah dilatih selama dua tahun dari tahun 2019 hingga 2020, dan sudah berlisensi. Dia telah 90 kali mengudara, dan ini adalah yang keempat kalinya mencoba di Desa Wayu, tempatnya tinggal.

Awalnya pada tahun 2019, Rosanti diajak oleh Ketua FASI Kab. Sigi Amir Mahmud yang sering ke mari. Dari ajakan itulah, ia memiliki kemauan sendiri untuk mencoba menjadi penerbang paralayang.

"Kebetulan di Desa Wayu, potensinya paralayang. Masak sih yang asli sini ndak mau ikut. Tidak mungkin dari luar terus," kata Rosanti. "Masak sih, asli dari sini cuma jadi penonton aja, ndak ada yang mau jadi pegiatnya."