Find Us On Social Media :

Adatnya Dipakai Enzy saat Menikah, Suku Minangkabau Ternyata Jadi Penganut Matrilineal Usai Peristiwa Serangan Majapahit

By Ade S, Sabtu, 20 Mei 2023 | 18:05 WIB

Suku Minangkabau, yang adatnya digunakan Enzy Storia saat menikah, memiliki sistem kekerabatan matrilineal. Ternyata ini terkait dengan Majapahit.

Intisari-Online.com - Enzy Storia resmi menikah dengan Maulana Kasetra atau yang akrab disapa Molen Kasetra pada hari ini, Sabtu (20/5/2023) di Hotel The Dharmawangsa Jakarta.

Kabar pernikahan itu disampaikan langsung oleh Enzy di akun Instagramnya.

Dilansir dari Tribunnews.com, pernikahan Enzy dan Molen ini digelar secara intimate di Nusantara Ballroom, The Dharmawangsa, Jakarta dan hanya dihadiri keluarga dan rekan terdekat.

Saat akad nikah, Enzy Storia menerima maskawin dari Maulana Kasetra berupa uang tunai senilai 205 US Dollar, Rp2.023, serta emas 8 gram.

Maskawin itu penanda hari pernikahan mereka.

Vincent Rompies dan mantan Menteri Luar Negeri RI yakni Hassan Wirajuda turut menjadi saksi pernikahan dari Enzy Storia dan Maulana Kasetra.

Salah satu hal menarik dari pernikahan keduanya adalah tentang adat Minangkabau yang digunakan sebagai tema pernikahan.

Sebuah adat yang kental dengan sistem kekerabatan matrilineal, tidak seperti sistem kekerabatan suku lain di Indonesia.

Namun, tahukah Anda sejarah dari sistem kekerabatan matrilineal yang dianut masyarakat Minangkabau?

Sejarah sistem kekerabatan matrilineal suku Minangkabau

Melansir kompas.com yang melansir artikel Nilai Filosofis Budaya Matrilineal di Minangkabau (Relevansinya Bagi Pengembangan Hak-Hak Perempuan di Indonesia) yang ditulis Iva Ariani dalam Jurnal Filsafat (Februari, 2015), sistem matrilineal dalam budaya suku Minangkabau telah ada sejak zaman nenek moyang.

Baca Juga: Inilah Fort de Kock, Benteng Pertahaan Belanda Untuk Melawan Rakyat Minang